Ahad 19 Dec 2021 16:56 WIB

Juara Memori di AS Ungkap Soal Daya Ingat

Chester Santos tidak percaya ingatan yang hilang adalah tentang usia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Juara memori di AS ungkap soal daya ingat (ilustrasi).
Juara memori di AS ungkap soal daya ingat (ilustrasi).

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keterampilan memori dapat berkurang seiring waktu. Namun jangan khawatir, ada cara untuk meningkatkan daya ingat Anda. 

Baca Juga

"Saya tidak percaya ada batasan untuk kapasitas penyimpanan memori manusia," ujar juara memori AS yang dikenal sebagai "The International Man of Memory", Chester Santos, seperti dilansir di laman Metro.co.uk, Ahad (19/12).

Dia mengatakan, jika ada batasan, mereka tidak mungkin menemukannya dalam waktu dekat. Dia menggunakan contoh telepon seluler yang memungkinkan mereka tidak perlu lagi mengingat nomor kontak tertentu karena telah menyimpannya. 

Sekali waktu, Anda semua akan mengingat beberapa orang terpilih. "Ini adalah contoh yang baik dari prinsip gunakan atau hilangkan yang berlaku untuk memori," katanya.

Dia tidak percaya ingatan yang hilang adalah tentang usia, tapi lebih tentang berapa lama Anda telah pergi tanpa benar-benar menggunakan banyak ingatan. Pada masa-masa sekolah misalnya, Anda terus-menerus menggunakan ingatan untuk mempelajari hal-hal baru. Juga, Anda harus belajar banyak hal baru saat pertama kali memulai pekerjaan baru.

Tapi kemudian Anda cenderung memasuki dekade waktu di mana semuanya baru saja menjadi rutinitas dan pada dasarnya Anda melakukan jenis hal yang sama berulang-ulang dan tidak menggunakan memori Anda sebanyak karena ketergantungan digital.

Pikirkan tentang seberapa banyak Anda terlibat dalam tugas belajar dan memori hingga usia 22 tahun dibandingkan dengan seberapa banyak Anda melakukannya pada usia 42 tahun. Seberapa terstimulasinya otak Anda dengan hal-hal baru dan menarik hingga usia 22 tahun dibandingkan dengan usia 42 tahun?

"Saya pikir dekade-dekade pembelajaran dan memori yang kurang dan stimulasi otak yang kurang secara keseluruhan merupakan faktor besar dalam penurunan memori seiring bertambahnya usia," jelasnya. Bagian dari meningkatkan memori Anda adalah tentang menggunakannya secara lebih proaktif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement