Ahad 19 Dec 2021 16:11 WIB

Kebiasaan Sehat Ini Bisa Bantu Perpanjang Umur

Banyak penelitian menemukan sekaligus menganjurkan kiat positif untuk hidup sehat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Kebiasaan sehat yang bisa membantu memperpanjang usia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mengharapkan umur panjang. Telah umum diketahui bahwa untuk tetap menikmati usia panjang dengan sehat, dibutuhkan juga pola hidup yang tepat.

Ada banyak penelitian yang menemukan sekaligus menganjurkan kiat positif untuk hidup sehat. Namun salah satu yang paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah studi yang diterbitkan di BMJ.

Baca Juga

Studi ini menemukan lima kebiasaan sehat, antara lain makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan sehat, tidak minum alkohol, dan tidak merokok. Pada usia paruh baya, kebiasaan sehat dapat meningkatkan kualitas hidup bebas dari diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, hingga kanker.

Studi yang dipimpin oleh Harvard TH Chan School of Public Health sekaligus tindak lanjut dari studi tahun 2018, juga menemukan bahwa mengikuti kebiasaan ini meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan. Studi ini memberikan bukti kuat bahwa mengikuti gaya hidup sehat secara substansial dapat memperpanjang tahun seseorang hidup bebas penyakit.

"Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa mengikuti gaya hidup sehat meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker, tetapi beberapa penelitian telah melihat efek dari faktor gaya hidup pada harapan hidup bebas dari penyakit tersebut," kata penulis pertama sekaligus ilmuwan peneliti senior di Departemen Nutrisi, Yanping Li, seperti dilansir di laman Express.co.uk, Ahad (19/12).

Mengonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan potensi "bebas penyakit". Para peneliti melihat data 34 tahun dari 73.196 wanita dan data 28 tahun dari 38.366 pria yang masing-masing berpartisipasi dalam Studi Kesehatan Perawat dan Studi Tindak Lanjut Profesional Kesehatan.

Diet sehat didefinisikan sebagai skor tinggi pada Indeks Makan Sehat Alternatif. Olahraga teratur perlu setidaknya 30 menit per hari dengan aktivitas sedang hingga berat. Lalu menjaga berat badan sehat dengan indeks massa tubuh 18,5-24,9 kg/m2 dan asupan alkohol moderat hingga satu porsi per hari untuk wanita dan hingga dua untuk pria.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang mempraktikkan empat atau lima kebiasaan sehat pada usia 50 tahun hidup rata-rata 34,4 tahun lebih bebas dari diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker, dibandingkan dengan 23,7 tahun sehat di antara wanita yang tidak mempraktikkan kebiasaan sehat ini.

Pria yang mempraktikkan empat atau lima kebiasaan sehat pada usia 50 tahun hidup 31,1 tahun bebas dari penyakit kronis, dibandingkan dengan pria yang tidak mempraktikkannya selama 23,5 tahun.

Pria yang perokok berat saat ini, dan pria dan wanita dengan obesitas, memiliki harapan hidup bebas penyakit terendah.

“Mengingat tingginya biaya pengobatan penyakit kronis, kebijakan publik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dengan meningkatkan makanan dan lingkungan fisik akan membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup,” kata penulis senior Frank Hu; dan Profesor Nutrisi dan Epidemiologi, Fredrick J Stare.

Tidur malam yang nyenyak juga sangat penting untuk hidup yang panjang dan sehat. Faktor kurang dikenal ini sama pentingnya dengan kiat lainnya.

Kurang tidur secara teratur menempatkan orang pada risiko kondisi medis yang serius, termasuk obesitas, penyakit jantung koroner dan diabetes. Hal itu dapat memperpendek harapan hidup. Sekarang jelas bahwa tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk hidup yang panjang dan sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement