Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Barcelona Akhirnya Petik Kemenangan Perdana pada Desember

Ahad 19 Dec 2021 02:48 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Para pemain Barcelona merayakan kemenangan atas El Che di Camp Nou, Ahad (19/12) WIB. Barcelona menang 3-2.

Para pemain Barcelona merayakan kemenangan atas El Che di Camp Nou, Ahad (19/12) WIB. Barcelona menang 3-2.

Foto: EPA/Quique Garcia
Barcelona membungkam Elche, 3-2 pada laga La Liga di Camp Nou.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona sukses membukukan kemenangan perdana sejak memasuki bulan Desember lewat keberhasilan membungkam Elche, 3-2, pada jornada ke-18 La Liga, Ahad (19/12) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan perdana klub asal Katalan itu setelah menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang di tiga laga kompetitif terakhir di semua ajang.

Namun, kemenangan di Stadion Camp Nou itu tidak diraih Barcelona dengan mudah. Sempat menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol, gawang Blaugrana malah kebobolan dua gol pada pertengahan babak kedua hanya dalam rentang waktu kurang dari dua menit.

Baca Juga

Beruntung, Nico Gonzalez, yang masuk sebagai pemain pengganti, bisa memastikan kemenangan Blaugrana lewat gol saat laga tinggal menyisakan lima menit waktu normal. Selain memetik kemenangan perdana pada bulan ini, tambahan tiga angka di laga ini juga membawa Barcelona memperbaiki posisi di papan klasemen sementara La Liga.

Tim besutan Xavi Hernandez itu naik satu peringkat ke posisi ketujuh dengan koleksi 27 poin dari 17 laga. Barcelona menggeser Valencia dengan keunggulan dua poin. Namun, Valencia baru melakoni laga pada jornada ke-18 kala menghadapi rival sekotanya, Levante, Selasa (21/12) dini hari WIB.

Sementara buat Elche, kekalahan ini membuat tim besutan Francisco Rodriguez itu masih terpuruk di peringkat ke-16 klasemen sementara. Elche hanya terpaut dua poin dari zona degradasi. Jalannya Laga Tanpa merasakan kemenangan di tiga laga kompetitif terakhir di semua ajang, Barcelona langsung menekan pertahanan tim tamu.

Tidak butuh waktu lama, Ferran Jutgla, yang melakoni debutnya sebagai starter di La Liga, langsung merobek gawang Elche pada menit kedua. Namun, gol penyerang berusia 22 tahun itu dianulir wasit. Jutgla dinilai sudah berdiri dalam posisi offside saat menerima umpan lambung terobosan. Kendati begitu, Jutgla akhirnya benar-benar mencatatkan namanya di papan skor, tepatnya pada menit ke-12.

Penyerang yang dipromosikan pelatih Xavi Hernandez dari Barcelona B itu menanduk hasil sepak pojok, yang dilepaskan Ousmane Dembele. Tidak berhenti sampai disitu, berselang tiga menit, Blaugrana kembali menggandakan keunggulan. Kali ini lewat aksi Gavi.

Gelandang berusia 17 tahun itu berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Elche. Setelah melewati satu pemain bertahan Elche, Gavi melepaskan sepakan terarah ke pojok kanan gawang tim tamu.

Sempat membentur tiang gawang, arah bola masuk ke dalam gawang Elche. Pada menit ke-29, gilirah Elche yang mampu menebar ancaman di depan mulut gawang tim tuan rumah lewat peluang dari Enzo Roco.

Menguasai bola di depan kotak penalti Barca, Roco melepaskan tembakan keras. Sayangnya, bola sepakan Roco itu masih melambung di atas mistar gawang Blaugrana.

Skor, 2-0, akhirnya tetap bertahan hingga babak pertama usai. Keunggulan dua gol Barcelona pada babak pertama ternyata hanya bertahan kurang dari 20 menit pada babak kedua. Hanya dalam rentang waktu kurang dari dua menit, gawang Blaugrana kebobolan dua gol.

Elche bisa mengejutkan pertahanan Blaugrana kedudukan lewat sebuah serangan balik, yang mampu diselesaikan Tete Morente pada menit ke-62. Satu menit berselang, Tete Morente, yang masuk sebagai pemain pengganti pada jeda antar babak, menjadi inisiator gol kedua Elche sekaligus gol penyeimbang kedudukan.

Morente memberikan umpan lambung yang mampu dimanfaatkan Pere Milla dengan sundulan. Bola tandukan Milla itu tidak mampu dijangkau oleh kiper Barcelona, Marc-Andre ter Stegen. Blaugrana akhirnya kembali unggul saat laga memasuki menit ke-85.

Keputusan Xavi Hernandez untuk memasukan Nico Gonzalez untuk menggantikan Ferran Jutgla berbuah maksimal. Gelandang berusia 19 tahun itu mampu mengakhiri sebuah serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan Elche.

Nico menyambar umpan tarik yang dilepaskan Gavi dari sisi kanan kotak penalti setelah menerima sodoran umpan dari Ousmane Dembele. Kegagalan mematahkan skema serangan Barca ini berujung pada robeknya gawang Elche dan membawa tim tuan rumah kembali mencatatkan keunggulan.

Hingga enam menit masa injury time babak kedua, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Blaugrana pun menutup laga ke-17 di pentas La Liga dengan torehan tiga poin, sekaligus menjadi kemenangan perdana pada sepanjang Desember.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3) Pelatih: Xavi Hernandez Kiper: Ter Stegen Belakang: Alba, Lenglet, Garcia, Araujo Tengah: Gavi, Busquets, De Jong Depan: Dembele, Jutgla, Abde

Elche (4-4-2) Pelatih: Francisco Rodriguez Kiper: Badia Belakang: Mojica, Gonzalez, Roco, Palacios Tengah: Fidel, Mascarell, Marcone, Josan Depan: Boye, Perez

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA