Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Curi Poin Penuh di Markas Bologna, Juventus Kembali ke Trek Kemenangan

Ahad 19 Dec 2021 02:16 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Gelandang Juventus, Juan Cuadrado (tengah) merayakan gol ke gawang Bologna pada laga lanjuta Serie A di Renato Dall

Gelandang Juventus, Juan Cuadrado (tengah) merayakan gol ke gawang Bologna pada laga lanjuta Serie A di Renato Dall

Foto: EPA/ Serena Campanini
Juventus membungkam Bologna 2-0 di Renato Dall'Ara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOLOGNA -- Juventus sukses kembali ke trek kemenangan usai membungkam Bologna, 2-0, pada giornata ke-18 Serie A, Ahad (19/12) dini hari WIB. Dua gol I Bianconeri dalam lawatan ke kandang Bologna itu masing-masing dicetak oleh Alvaro Morata dan Juan Cuadrado.

Atas hasil ini, I Bianconeri kembali ke trek kemenangan usai di laga sebelumnya harus puas memetik satu poin setelah ditahan imbang Venezia, 1-1, akhir pekan lalu. Tidak hanya itu, torehan tiga poin di Stadion Renato Dall'Ara ini juga membawa tim besutan Massimiliano Allegri itu memperbaiki posisi di papan klasemen sementara.

Baca Juga

Juventus naik ke peringkat keenam klasemen sementara, menggeser Fiorentina. Dengan koleksi 31 poin dari 18 laga, I Bianconeri unggul satu poin atas La Viola. Namun, kondisi ini bisa berubah saat Fiorentina melakoni laga ke-18 kala menghadapi Sassuolo, Ahad (19/12) malam WIB.

Jalannya pertandingan Laga baru berjalan enam menit, Juventus sudah mampu unggul lewat torehan Alvaro Morata. Penyerang asal Spanyol itu sukses memanfaatkan umpan terobosan Federico Bernadeschi. Wasit sempat menanti hasil review VAR sebelum mengesahkan gol tersebut.

Pasalnya, Morata dicurigai sudah berada dalam posisi offside saat menerima umpan terobosan Bernadeschi. Namun, wasit akhirnya menilai gol pemain pinjaman dari Atletico Madrid itu sebagai gol yang sah.

Tim tuan rumah langsung bereaksi atas gol cepat Juventus tersebut. Sejumlah peluang sempat didapatkan Bologna pada pertengahan babak pertama, termasuk peluang dari Marttias Svanberg.

Peluang itu terbuang percuma lantaran sepakan Svanberg masih melambung di atas mistar gawang. Hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan tercipta di Stadion Renato Dall'Ara tersebut.

Upaya tim tuan rumah untuk bisa membalas berlanjut pada babak kedua. Namun, segala upaya Bologna belum berbuah maksimal. Juventus mampu tampil solid di lini belakang.

I Bianconerri memang cenderung lebih pasif dan berharap bisa mempertahankan keunggulan, sembari sesekali mengancam gawang Bologna lewat serangan balik dan keunggulan kualitas individu pemain.

Aspek terakhir tersebut yang terbukti bisa membawa Juventus menggandakan keunggulan, tepatnya pada menit ke-69. Setelah menerima sodoran umpan Alvaro Morata, Juan Cuadrado melepaskan sepakan keras dari sisi kiri kotak penalti Bologna.

Sepakan keras Cuadrado itu akhirnya bersarang di pojok kanan atas gawang Bologna tanpa bisa dijangkau oleh penjaga gawang Lukas Skorupski. Tim tuan rumah masih belum mau menyerah untuk bisa membalas.

Bahkan, hingga 10 menit akhir babak kedua, Bologna tercatat melepaskan 11 tembakan dengan tiga tembakan tepat mengarah ke gawang. Di sisi lain, Juventus hanya mencatatkan delapan tembakan dengan enam tembakan tepat ke arah gawang. Skor, 2-0, untuk keunggulan tim tamu akhirnya tetap bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Bologna (3-1-4-2), Pelatih: Sinisa Mihajlovic Kiper: Skorupski Belakang: Soumaoro, Medel, Theate Tengah: Dominguez; Silvestri, Soriano, Svanberg, Hickey Depan: Arnautovic, Barrow

Juventus (4-3-3), Pelatih: Massimiliano Allegri Kiper: Szczesny Belakang: Pellegrini, De Ligt, Bonucci, Cuadrado Tengah: Rabiot, Arthur, McKennie Depan: Kean, Morata, Bernadeschi

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA