Jumat 17 Dec 2021 10:36 WIB

Mahasiswa Prodi Humas Universitas BSI Ikuti Uji Kompetensi

Skema Media Relations Officer menjadi skema kegiatan sertifikasi kompetensi

Skema Media Relations Officer menjadi skema kegiatan sertifikasi kompetensi yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Skema Media Relations Officer menjadi skema kegiatan sertifikasi kompetensi yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Skema Media Relations Officer menjadi skema kegiatan sertifikasi kompetensi yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Hubungan Masyarakat (Humas) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kegiatan ini diadakan dalam rangka kerja sama Univeristas BSI dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta. Kegiatan ini sendiri berlangsung selama 2 hari pada tanggal 9 sampai 10 Desember 2021 di kampus Universitas BSI Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur.

Ita Suryani, selaku ketua Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI menjelaskan bahwa, kegiatan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang humas yang dalam hal ini akan diujikan adalah bidang Media Relations Officer (MRO).

Baca Juga

”Kegiatan sertifikasi kompetensi ini dilandasi oleh Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam sektor komunikasi dan informatika bidang Kehumasan. Dan dalam konteks ini, fungsi humas menjadi hal penting dalam ranah sebuah instansi. Pasalnya, humas merupakan garda terdepan dari perusahaan, karena humas adalah orang pertama yang merespon dan menyampaikan informasi kepada publik,“ ucap Ita.

Ita juga menerangkan, bahwa kegiatan sertifikasi kompetensi ini menghadirkan tiga asesor yakni Sintar Nababan, Widhihatmini dan Nunuk Parwati. Kegiatan sertifikasi diawali dengan pembukaan serta dilanjutkan dengan pengisian Form APL 01/02 oleh mahasiswa dan uji praktik tertulis yang dibagi menjadi tiga ruangan dengan jumlah komposisi mahasiswa yang setara.

Pada hari kedua uji sertifikasi kompetensi, dilanjutkan dengan agenda uji praktik dan wawancara kepada asesi atas apa yang telah dikerjakan serta kompetensi bidang Media Relations Officer. Setelah dinyatakan kompeten, maka mahasiswa dapat meninggalkan ruangan. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian Piagam Penghargaan dari Universitas BSI yang diwakili oleh Ita Suryani, kepada Direktur LSP STMM, Drs. Kusumo Gambriyanto.

Sementara itu, Kusumo mengucapkan selamat kepada para peserta yang dinyatakan lulus dalam pelaksanaan setifikasi kali ini. Diharapkan, kegiatan tidak hanya dilakukan sekali ini saja kepada mahasiswa, namun juga dapat berlanjut dikemudian hari. Ia juga memberikan pesan kepada mahasiswa, untuk enjoy (menikmati) dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

"Saya ucapkan selamat kepada peserta yang dinyatakan kompeten, dan bagi yang belum jangan berputus asa karena ini baru awal dan dapat dicoba dilain kesempatan," ujar Kusumo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement