Kamis 16 Dec 2021 09:19 WIB

Kecelakaan, Perusahaan Taksi Paris Setop Gunakan Tesla

G7 akan setop penggunaan 37 kendaraan Tesla sampai penyelidikan polisi selesai.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Tesla Model 3. Akibat kecelakaan, sebuah perusahaan taksi di Paris setop penggunaaan mobil Tesla.
Foto: Tesla Motors via AP
Tesla Model 3. Akibat kecelakaan, sebuah perusahaan taksi di Paris setop penggunaaan mobil Tesla.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sebuah perusahaan taksi di Paris dengan merek G7 menangguhkan penggunaan mobil Tesla Model 3 untuk armadanya. Penangguhan tersebut dilakukan setelah salah satu kendaraan terlibat dalam kecelakaan yang menewaskan satu orang dan melukai 20 lainnya.

G7 mengatakan akan menghentikan penggunaan 37 kendaraan Tesla sampai penyelidikan polisi selesai pada kecelakaan Sabtu lalu di ibukota Prancis. Menurut laporan media Prancis, mobil itu bertabrakan dengan seorang pengendara sepeda, tiga pejalan kaki, dan sebuah van, demikian dilansir Sky.news.com, Rabu (15/12).

Baca Juga

Pada Rabu (15/12), Menteri Transportasi Jean-Baptiste Djebbari mengatakan, saat ini tidak ada indikasi bahwa insiden tersebut terkait dengan masalah teknis pada kendaraan. Djebbari mengatakan, Kementerian Transportasi Prancis telah berbicara dengan kepala eksekutif Tesla Eropa.

Wakil Kepala Eksekutif G7, Yann Ricordel, mengatakan, seorang sopir taksi yang sedang tidak bertugas sedang membawa keluarganya ke sebuah restoran ketika kecelakaan itu terjadi. Dia mengatakan, pengemudi telah mencoba mengerem tetapi mobil malah dipercepat. Belum ada kejelasan apakah mobil itu beroperasi dalam mode autopilot.

"Kami akan mempertahankan penangguhan Tesla Model 3 saat penyelidikan sedang berlangsung, sebagai tindakan keselamatan bagi pengemudi, pelanggan, dan pengguna jalan lainnya," kata Ricodel. 

Tesla telah mengumpulkan data rinci dari sensor dan kamera pada kendaraannya. Tesla menggunakan informasi tersebut untuk menantang klaim bahwa kecelakaan disebabkan oleh teknologi yang tidak berfungsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement