Kamis 16 Dec 2021 08:43 WIB

AS Bangun Perangkat Lunak yang Memprediksi Reaksi China

AS mengatakan perangkat itu menghitung 'gesekan strategis'.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Bendera Amerika ditampilkan bersama dengan bendera Cina. Komando militer Amerika Serikat (AS) di Pasifik membangun perangkat lunak untuk memprediksi reaksi pemerintah China pada tindak-tindak AS di kawasan.
Foto: AP / Andy Wong
Bendera Amerika ditampilkan bersama dengan bendera Cina. Komando militer Amerika Serikat (AS) di Pasifik membangun perangkat lunak untuk memprediksi reaksi pemerintah China pada tindak-tindak AS di kawasan.

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Komando militer Amerika Serikat (AS) di Pasifik membangun perangkat lunak untuk memprediksi reaksi pemerintah China pada tindak-tindak AS di kawasan. Seperti penjualan perangkat militer, aktivitas yang didukung militer AS hingga kunjungan anggota Kongres ke tempat-tempat seperti Taiwan.

Wakil Menteri Pertahanan AS Kathleen Hicks mendapatkan pengarahan mengenai perangkat baru tersebut saat berkunjung ke Komando Indo-Pasifik di Hawaii, Selasa (14/12) lalu. Pada Kamis (16/12) seorang pejabat pertahanan AS mengatakan perangkat itu menghitung 'gesekan strategis'.

Baca Juga

Alat tersebut akan melihat data sejak awal 2020 dan mengevaluasi aktivitas yang berdampak signifikan pada hubungan AS-China. Sistem berbasis komputer ini akan membantu Pantagon untuk mengetahui kegiatan apa yang memicu reaksi keras China.

Pada bulan Oktober lalu militer China mengecam AS dan Kanada karena mengirimkan kapal perang berlayar melewati Selat Taiwan. Saat itu Beijing mengatakan langkah Washington dan Ottawa mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Pejabat pertahanan AS mengatakan perangkat terbaru dapat mengevaluasi insiden semacam ini dan insiden-insiden lainnya. Memastikan AS tidak sengaja membuat China marah dengan tindakannya.

Saat ini hubungan AS dan China sudah berada di titik terendahnya dalam sejarah. Perangkat lunak yang baru dapat memprediksi berbagai aktivitas seperti kunjungan Kongres ke Taiwan, penjualan senjata ke sekutu di kawasan atau beberapa pelayaran kapal perang AS di Selat Taiwan yang dapat memprovokasi reaksi China.

China mengklaim Taiwan yang dikelola dengan demokratis sebagai bagian dari wilayahnya. Selama satu tahun terakhir Beijing mengirimkan ratusan pesawat tempur ke zona pertahanan udara Taiwan. Memicu kemarahan Taipei. Pejabat pertahanan AS mengatakan perangkat lunak yang baru memungkinkan AS merencanakan tindakan mereka untuk empat bulan ke depan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement