Rabu 15 Dec 2021 15:34 WIB

Begini Kabar 7 Pemain yang Tinggalkan Liverpool pada Musim Panas Lalu

Liverpool hanya menggaet Ibrahima Konate dan melepas 7 pemain pada musim panas lalu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Mantan pemain Liverpool Georginio Wijnaldum (kiri) mencetak gol untuk PSG dalam pertandingan Liga Champions.
Foto: AP/Michael Sohn
Mantan pemain Liverpool Georginio Wijnaldum (kiri) mencetak gol untuk PSG dalam pertandingan Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak banyak tim yang melakukan bisnis bagus di bursa transfer sepak bola dunia selama lima tahun terakhir. Di antara sedikit klub itu, Liverpool layak ditempatkan sebagai salah satunya. Manajemen the Reds memburu pemain dengan harga di bawah nilai mereka dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak seperti Manchester City dan Chelsea di Inggris, Liverpool tidak memiliki banyak uang untuk berburu pemain bintang. Mereka menjalankan bisnis mereka dengan bijaksana di jendela transfer, mencari pemain yang pas tanpa merusak finansial klub, tapi juga bisa mempertahankan level tim di tempat semestinya.

Baca Juga

Jika berburu pemain dengan harga lumayan, Liverpool harus menjual cukup banyak pemain untuk mengumpulkan dana yang diperlukan.

Musim panas lalu, Liverpool hanya mendatangkan satu pemain yakni bek asal Prancis Ibrahima Konate. Sebaliknya, tujuh pemain pergi.

Berikut kabar tujuh pemain eks Liverpool tersebut di klub baru mereka.

Georginio Wijnaldum

Mengejutkan banyak orang ketika Liverpool memilih untuk tidak menawarkan Georginio Wijnaldum kesepakatan yang dia inginkan sebelum pergi sebagai agen bebas. Wijnaldum meninggalkan klub dengan hubungan baik. Klopp menyebutnya sebagai legenda Liverpool, saat ia diberi tepuk tangan perpisahan di pertandingan terakhir musim 2020/21.

Meskipun laporannya saling bertentangan, tampaknya gelandang Belanda itu menginginkan kesepakatan jangka panjang untuk tetap di klub, sementara Liverpool hanya ingin menawarkan kontrak jangka pendek kepada pemain berusia 30 tahun itu.

Wijnaldum tampaknya akan bergabung dengan Barcelona sampai PSG membajak kesepakatan itu, dan dengan cepat mengumumkan penandatanganannya dengan kontrak tiga tahun.

Sejauh ini, kepindahan ke PSG belum sepenuhnya berjalan sesuai rencana untuk pemain asal Belanda itu.  Bersaing dengan beberapa gelandang tengah kelas dunia, Wijnaldum lebih banyak menjadi pemain rotasi sejauh ini. Meskipun cukup berkontribusi saat dipasang, PSG dilaporkan sudah mempertimbangkan untuk meminjamkannya pada Januari 2022.

Muncul rumor reuni di Liverpool, tapi posisi Wijnaldum sudah diisi dengan baik oleh Thiago.

Xherdan Shaqiri

Seorang pemain yang akan selalu mendapat tempat di hati penggemar Liverpool karena kepahlawanannya dalam kemenangan atas Manchester United, dan tentu saja, comeback saat lawan Barcelona. Xherdan Shaqiri tahu perannya hanya jadi ban serep ketika dia bergabung ke Anfield. Namun dia selalu berkontribusi ketika dia diberi menit bermain.  

Gelandang kreatif Swiss ini memiliki tiga tahun yang solid di Liverpool dan ternyata menjadi penandatanganan yang cerdas saat diboyong dari Stoke City. Shaqiri pergi ke Lyon musim panas lalu dengan transfer 9,5 juta poundsterling, dan terus berurusan dengan masalah cedera tetapi tampil mengesankan saat bermain.

photo
Xherdan Shaqiri - (EPA-EFE/ALEXANDRA WEY)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement