Ahad 12 Dec 2021 18:04 WIB

Ancelotti Sebut Derbi Madrid Dapat Ditentukan oleh Eksekusi Bola Mati

Real Madrid akan ditantang Atletico Madrid di Santiago Bernabeu, Senin (13/12) WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti.
Foto: AP/Manu Fernandez
Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti menilai, Los Blancos dan Atletico Madrid memiliki gaya permainan yang nyaris serupa. Kedua tim, tutur Ancelotti, kerap mengandalkan serangan balik untuk bisa berburu kemenangan. Dua tim asal Ibu Kota Spanyol itu akan saling berhadapan pada jornada ke-17 La Liga Spanyol, Senin (13/12) dini hari WIB. 

Pada edisi perdana derbi Madrid pada musim ini, Los Blancos akan menjadi tuan rumah di Stadion Santiago Bernabeu. Dari empat pertemuan terakhir dengan Los Rojiblancos di semua ajang, Madrid terbukti masih unggul dengan koleksi tiga kemenangan. 

Baca Juga

Kendati begitu, Ancelotti menegaskan, laga derbi Madrid tidak akan pernah berjalan mudah. Atletico, kata mantan pelatih AC Milan itu, akan menjadi lawan yang sulit ditaklukkan. Menurut dia, hasil laga ini dapat ditentukan oleh detail-detail kecil, termasuk keuntungan via eksekusi bola mati, baik sepak pojok, tendangan bebas, ataupun penalti. 

Mantan pelatih Bayern Muenchen itu pun berharap, anak-anak asuhnya bisa memanfaatkan setiap kesempatan bola mati. "Eksekusi bola mati akan memainkan peranan penting di laga ini. Kami harus bisa memanfaatkan semaksimal mungkin setiap kesempatan yang kami dapatkan. Atletico adalah lawan yang kuat. Laga ini adalah laga yang dicintai oleh penduduk kota ini," kata Ancelotti seperti dikutip Marca, Ahad (12/12). 

Selain pertaruhan gengsi dan reputasi soal tim terbaik di Madrid, laga ini juga memiliki peran penting dalam menentukan wajah persaingan perebutan gelar juara La Liga. Buat Madrid, kemenangan akan mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara. Dari 16 laga yang telah dilakoni, Madrid mengantongi 39 poin, unggul lima poin dari Sevilla. 

Namun, Ancelotti tidak mau menambah tekanan buat anak-anak asuhnya untuk bisa meraih kemenangan. Mantan pelatih Everton itu menyebut kompetisi La Liga masih jauh dari kata selesai andai Madrid menang. 

"Hingga kini, kami lebih baik dibanding tim lain di kompetisi ini. Namun, apa yang saya khawatirkan terletak pada masa mendatang, bukan pada masa lalu. Apapun masih bisa terjadi di enam bulan berikutnya. Setelah laga ini, masih ada laga lain. Saya tidak mau terlalu membebani para pemain di laga ini," kata Ancelotti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement