Ahad 12 Dec 2021 02:44 WIB

Tujuh Alasan Penting Perlunya Memelihara Tanaman

Ternyata hobi bercocok tanam dapat memberikan manfaat kehidupan bagi penanamnya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda
Ternyata hobi bercocok tanam dapat memberikan manfaat kehidupan bagi penanamnya. (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fanny Octavianus
Ternyata hobi bercocok tanam dapat memberikan manfaat kehidupan bagi penanamnya. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama masa pandemi Covid-19, sebagian orang menyalurkan hobi baru dengan bercocok tanam untuk mengisi waktu luang di rumah. Ternyata hobi bercocok tanam dapat memberikan manfaat kehidupan bagi penanamnya.

Dilansir dari laman Female First pada Sabtu (11/12), berikut tujuh alasan perlunya memelihara tanaman untuk tingkatkan kehidupan Anda:

Baca Juga

1. Tumbuhan bisa membuat seseorang merasa hebat

Tanaman sebenarnya memainkan peran penting dalam perasaan seseorang. Ada banyak penelitian yang menunjukkan tanaman membantu pemulihan di rumah sakit, membuat orang merasa tidak terlalu sakit, dan bahkan meningkatkan kreativitas.

Tanaman juga dapat membantu Anda fokus lebih baik, sehingga meningkatkan produktivitas. Sebagian orang mungkin memiliki tanaman di kantor, tetapi pertimbangkan juga untuk menempatkannya di sekitar rumah. Melakukan hal ini dapat membuat Anda lebih sehat dan produktif.

2. Tumbuhan dapat bermanfaat bagi kesehatan

Tumbuhan bisa datang dalam segala bentuk, termasuk buah-buahan dan sayuran. Menanam makanan Anda sendiri adalah cara yang bagus untuk mengetahui bahwa makanan yang dimakan sesehat mungkin. Menanam tanaman tertentu bisa jadi sulit, jadi pastikan untuk memilih tanaman yang mudah dirawat.

3. Tumbuhan bermanfaat bagi tubuh

Tubuh manusia sangat menikmati manfaat pengobatan alami, seperti mentimun untuk mata, mint untuk gigi, dan efek menenangkan lidah buaya. Anda dapat menanam tumbuhan yang akan membantu tubuh dan meningkatkan kesehatannya.

Ada juga berbagai macam tanaman yang dapat Anda tempatkan di kamar mandi, yang akan menjaga tingkat kelembaban tetap rendah. Ini bisa menjadi sempurna untuk ruang beruap atau kecil.

4. Tanaman dapat membantu menyeimbangkan teknologi

Perangkat modern dapat meningkatkan tingkat radiasi. Dan tanaman dapat membantu menyeimbangkan hal ini. Bercocok tanam merupakan ide bagus untuk mencairkan Frekuensi Elektromagnetik (EMF) dari semua perangkat di mana pun.

Aloe Vera dan Cacti sangat bagus untuk tujuan ini. Aloe Vera dapat menyerap radiasi, jadi jika Anda menempatkan tanaman ini di dekat komputer, itu akan begitu membantu untuk membersihkan udara di sekitar.

5. Tanaman membersihkan udara

Seperti yang kita semua tahu, kita membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Tumbuhan begitu baik untuk dimiliki, karena mereka menyerap karbon dioksida dari udara, dan menggantikannya dengan oksigen.

Alasan ini saja sudah cukup untuk membuat Anda membeli tanaman sendiri. Hal ini karena tumbuhan membersihkan udara dan membuang racun. Jika pernah berjalan-jalan di hutan, dan Anda merasa segar setelahnya, ini karena banyaknya pepohonan di sekitar. Maka dengan satu atau dua tanaman di rumah, Anda dapat membawa perasaan ini langsung ke hadapan diri sendiri.

6. Tanaman dapat membuat suasana ruang lebih indah

Meskipun memiliki tanaman di dalam dan di sekitar rumah Anda bisa terasa lebih bergaya atau trendi, tanaman sebenarnya dapat memainkan peran penting dalam membuat arsitektur yang keras terlihat indah dan lembut. Mereka dapat mengubah ruang hidup dengan berbagai warna, bentuk, dan jenis.

7. Tumbuhan adalah pelindung alami

Tanaman, selain indah dan baik untuk kesehatan, ini juga sangat cocok untuk melindungi Anda secara alami dari hama dan serangga. Sebagai contoh, Perangkap lalat Venus adalah tanaman yang sangat bagus untuk mencegah lalat dan bahkan tawon di kejauhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement