Wednesday, 30 Zulqaidah 1443 / 29 June 2022

Liga Italia: Juventus Sukses Gulung Genoa 2-0

Senin 06 Dec 2021 04:51 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Penyerang Juventus Paulo Dybala bersinggungan dengan pemain Genoa Valon Behrami dalam pertandingan Liga Italia Serie A, antara Juventus lawan Geno di turin, Italia

Penyerang Juventus Paulo Dybala bersinggungan dengan pemain Genoa Valon Behrami dalam pertandingan Liga Italia Serie A, antara Juventus lawan Geno di turin, Italia

Foto: EPA-EFE/Alessandro Di Marco
Tim tuan rumah Juventus menguasai bola hingga 71 persen ketika melawan Genoa

REPUBLIKA.CO.ID, TORINO -- Juventus menuntaskan perlawanan tim tamu Genoa 2-0 dalam lanjutan Serie A 2021/22 yang berlangsung pada Senin (6/12). Juventus menguasai bola di hampir sepanjang permainan hingga Genoa mati langkah.

Berdasarkan catatan ball possesion Juventus mencapai 71 persen dengan tendangan mengarah gawang mencapai 27 kali percobaan, dan 12 diantaranya mencapai target. Sementara Genoa hanya mampu menguasai bola 29 persen tanpa serangan  atau tendangan ke gawang sedikitpun.

Baca Juga

Genoa nampak kewalahan mengatasi gempuran Juve sejak kick off. Juve menguasai permainan di menit-menit awal. Bahkan anak asuhan Allegri unggul lebih dulu di menit ke-9. Gol tercipta dari Juan Cuadrado yang mencetak skor langsung dari tendangan sudut setelah mengirim bola melewati Salvatore Sirigu. 

Pada menit ke-15, Federico Bernardeschi melepaskan tembakan ke arah kanan bawah gawang dari dalam kotak penalti, tapi Sirigu sigap mengamankan bola. Tiga menit berselang giliran Manuel Locatelli melepaskan tembakan dadakan, sayang bola melenceng dari sasaran.

Serangan Juve bergulung-gulung menghantam Genoa. Pada menit ke-25 giliran tembakan Paulo Dybala yang diblokir pemain Genoa. Bola rebound jatuh lagi kepada Dybala yang memanfaatkan peluang itu, namun bola melenceng jauh dari gawang.

Sirigu harus berjibaku mengamankan gawang Genoa dari kebobolan. Kali ini, ia sukses menghalau sundulan Matthijs de Ligt yang menyambar crossing dari tendangan bebas pada menit ke-32. Enam menit kemudian, Sirigu mengamankan gawang dari Morata yang mengambil keuntungan dari bola rebound.

Morata sempat melakukan tackle keras kepada pemain Genoa hingga berbuntut  tendangan bebas bagi tim tamu. Jelang turun minum, Morata melepaskan tembakan voli ke arah tengah gawang, namun Sirigu sigap menunaikan penyelamatan. 

Juve nampaknya belum berpuas diri dengan keunggulan 1 gol. Juve langsung tancap gas serangan di awal babak kedua. Bernardeschi mengawali peluang emas Juve pada menit ke-51 dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi masih diblokir Sirigu.

Tak berselang lama, Dybala berlari menyambut operan untuk melepaskan tembakan. Namun tendangannya meleset tipis ke atas mistar gawang. Usai aksi solo, Morata menyusul dengan tembakan ke arah kanan gawang, Sirigu kembali menghalaunya.

Sirigu menampilkan kehebatannya di laga ini. Ia kembali menggagalkan peluang Morata pada menit ke-66 yang memanfaatkan umpan di dalam kotak penalti.

Sirigu nampaknya mulai kewalahan. Genoa kembali kebobolan pada menit ke-82 usai Bernardeschi memberi operan kepada Dybala yang berada di dalam kotak penalti untuk melepaskan tembakan ke kanan bawah gawang. Tiada peluang emas tercipta lagi bagi kedua tim hingga akhir laga.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA