Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Rekomendasi Camilan untuk Menurunkan Berat Badan

Sabtu 04 Dec 2021 01:10 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan. Kacang almond tawar juga baik untuk camilan saat menurunkan berat badan.

Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan. Kacang almond tawar juga baik untuk camilan saat menurunkan berat badan.

Foto: Flickr
Ada banyak camilan enak yang bisa dikonsumsi saat menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu bahan makanan yang direkomendasikan dokter untuk menurunkan berat tubuh adalah kacang-kacangan. Bahan makanan ini terkenal tinggi serat, kaya akan antioksidan, mendukung kesehatan jantung, dan rendah kalori.

Itulah yang membuat kacang-kacangan cocok sebagai camilan untuk menurunkan berat tubuh. Namun, produser televisi Inggris yang juga penulis buku serangkaian diet berjudul The Fast 800, dr Michael Mosley, menyebut bahwa tak semua kacang-kacangan bisa bermanfaat untuk menurunkan berat tubuh.

Baca Juga

Menurut Mosley, ada jenis kacang yang harus dihindari. Apa saja?

"Kacang juga bisa dijadikan camilan yang enak, tetapi cobalah untuk menghindari jenis yang diasinkan atau yang dimaniskan, karena lebih padat kalori," kata Mosley, dilansir laman Express.co.uk, Rabu (1/12).

Mosley menyarankan untuk memilih kacang-kacangan seperti almond atau kenari tawar. Itu pun dengan takaran yang terbatas, yaitu segenggam kecil. Menurutnya, dua buah almond sama dengan 28 kalori sementara tujuh kenari setara dengan 90 kalori.

Makanan ringan rendah kalori lainnya yang disarankan oleh Mosley adalah sup miso yang mengandung 21 kalori. Sup ini akan mampu mengatasi rasa lapar.

"Itu bergizi, menghangatkan, dan lezat," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA