Senin 25 Oct 2021 15:57 WIB

6 Camilan Sehat dan Bergizi untuk Anak

Memberikan makanan sehat pada anak bisa dibantu dengan camilan sehat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Memberikan makanan sehat pada anak bisa dibantu dengan camilan sehat.
Foto: Pxfuel
Memberikan makanan sehat pada anak bisa dibantu dengan camilan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak tergolong menyukai jajan dan menyantap kudapan yang manis. Hal ini tentu membuat orang tua cukup kerepotan karena makanan manis tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sebut saja, camilan seperti permen atau minuman kemasan, memang menggoda bagi anak-anak. Bahkan, mereka juga terkadang menyukai junkfood hingga keripik.

Baca Juga

Orang tua sebaiknya tidak membiarkan anak-anak mengonsumsi jajanan yang tidak sehat. Dilansir dari iol.co.za pada Sabtu (23/10), Ahli Diet Spesialis dan Mitra Laager Rooibos, Mbali Mapholi, mengatakan, penting untuk memulai membiasakan memberikan makanan sehat dan bergizi bagi anak-anak.

"Merencanakan makanan dan camilan anak penting. Kita dapat membeli makanan menurut kelompok utama seperti protein, biji-bijian, buah, sayuran dan lemak sehat. Cobalah untuk setidaknya memiliki lima pilihan sehari dari setiap kelompok makanan untuk camilan dan makanan,” kata Mbali.

Memberikan camilan pada anak dengan rasa yang tetap menggoda tetapi sehat memang cukup 'tricky'. Berikut lima camilan sehat yang bisa diberikan pada anak menurut Mbali.

1. Cokelat Hitam 

Bila anak menyukai cokelat, sebaiknya berikanlah cokelat hitam. Dengan lebih dari 75 persen kakao untuk meningkatkan fungsi otak, konsumsi satu atau dua potong sudah cukup.

2. Popcorn 

Camilan gandum utuh seperti popcorn bisa diberikan untuk membatasi garam. Irisan apel dengan selai kacang memberikan keseimbangan karbohidrat, lemak, dan protein.

3. Anggur Beku 

Anggur adalah camilan menyegarkan, manis, dan sehat. Cocok untuk anak agar mereka mau makan buah.

4. Salad Buah

Campurkan buah-buahan musiman favorit, masukkan ke dalam mangkuk besar dan dinginkan selama beberapa jam agar jus alami dan manis bercampur menjadi salad buah. Dengan cara ini, camilan dapat memuaskan anak tanpa makan permen.

5. Pretzel

Karbohidrat dan garam di dalam prezel bisa cukup sehat. Celupkan pada saus karamel atau makan polos. Ini bisa menjadi makanan ringan dan klasik untuk anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement