Rabu 01 Dec 2021 20:12 WIB

Ingin Turun Berat Badan? Hindari Hal Ini Setelah Jam 5 Sore

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah jam 5 sore.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah pukul 17.00 atau 5 sore saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan.
Foto: www.freepik.com
Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah pukul 17.00 atau 5 sore saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Puti Almas

Baca Juga

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan setelah pukul 17.00 atau 5 sore saat Anda sedang mencoba menurunkan berat badan. Berikut beberapa yang harus Anda coba untuk hindari di waktu tersebut menurut beberapa ahli, seperti dilansir Eating Well, Rabu (1/12).

1. Makan berlebihan 

Makan berlebihan setelah pukul 5 sore bisa terjadi karena Anda mungkin tidak cukup makan di siang hari. Hal ini justru membuat program penurunan berat badan tidak berhasil. Untuk mencegah makan berlebihan di malam hari, Pastikan Anda menyediakan waktu makan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sepanjang hari. 

"Dengan cara ini Anda tidak merasa lapar keluar jam. Ketika kita membiarkan diri kita terlalu lapar, kita cenderung makan berlebihan sebelum tubuh kita tahu bahwa kita sudah kenyang," ujar Nicole Stefanow, ahli gizi kuliner dari  New York, Amerika Serikat (AS). 

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan protein seimbang, serat, dan lemak setiap tiga hingga empat jam. Ini akan mencegah Anda mengakhiri hari dengan defisit atau pengurangan kalori yang diperlukan untuk penurunan berat badan. 

 

2. Jangan konsumsi camilan langsung dari kemasan

Saat hendak mengkonsumsi camilan yang merupakan sebuah produk dalam kemasan, coba untuk membukanya terlebih dahulu. Kemudian, tuang ke piring atau tempat lain, dengan mengukur batasan porsi. Simpan kotaknya agar Anda tidak tergoda menghabiskan semua isi kudapan tersebut. 

 

3. Tidur larut

Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menghubungkan makan larut malam dengan upaya penurunan berat badan yang terganggu dan peningkatan trigliserida. Semakin lama Anda begadang, semakin banyak waktu untuk makan. 

Selain itu, kebanyakan orang tidak mengkonsumsi camilan sehat di malam hari. Tentu saja jika merasa lapar, Anda harus makan. Ketika tidak memiliki struktur dalam rutinitas waktu tidur Anda atau begadang di malam hari, itu menyisakan lebih banyak waktu untuk ngemil, entah itu karena rasa bosan atau kebiasaan. 

“Sebaliknya, atur timer setiap malam untuk mengingatkan diri Anda untuk bersantai,” jelas Melissa Mitri, ahli diet terdaftar dan pemilik Melissa Mitri Nutrition LLC.

Tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan makan lebih banyak pada hari berikutnya. Menurut sebuah studi baru di Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam makan lebih banyak makanan ringan keesokan harinya daripada mereka yang tidur lebih dari tujuh jam. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement