Kamis 25 Nov 2021 16:21 WIB

Kebiasaan Orang Korea untuk Turunkan Berat Badan

Pola konsumsi orang Korea membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan orang Korea untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).
Foto: AP/Ahn Young-joon
Kebiasaan orang Korea untuk menurunkan berat badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penurunan berat badan bukan hanya tentang latihan intens atau makan lebih sedikit. Mengikuti gaya hidup sehat, beralih ke kualitas makanan yang lebih baik, dan mempraktikkan pola makan yang sadar adalah faktor yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan juga menjaga berat badan yang sehat.

Dilansir di Times of India, pada (25/11), sering kali diet penurunan berat badan menjanjikan transformasi ajaib tetapi tidak memberikan hasil yang efektif. Namun, cara hidup, makan, dan olahraga orang Korea ini pasti akan meningkatkan kualitas kesehatan dan juga membantu Anda mencapai tujuan penurunan berat badan. Ini empat gaya hidup kebiasaan orang Korea untuk menurunkan berat badan :

Baca Juga

1. Banyak konsumsi sayuran

Rahasia tubuh bugar dan sehat orang Korea itu sederhana yaitu banyak makan sayur. Orang Korea menyukai sayuran mereka yang merupakan salah satu alasan utama di balik tubuh langsing dan sehat mereka. Sementara daging dan ayam goreng adalah apa yang juga mereka nikmati, sayuran hijau segar adalah apa yang biasanya mereka santap. Sebagian besar sayuran kaya nutrisi dan rendah kalori atau lemak, yang membuatnya bagus untuk menurunkan berat badan.

2. Makanan fermentasi 

Jika berbicara tentang makanan Korea, tidak lengkap rasanya tanpa lauk yang terkenal, kimchi. Ini adalah hidangan tradisional Korea yang disiapkan dengan sayuran yang difermentasi, biasanya kubis, lobak, daun bawang dan berbagai bumbu seperti garam, gula, bawang merah, jahe, bawang putih, dan cabai.  

Karena hidangan tersebut difermentasi, diketahui memiliki jenis probiotik tertentu, yang meningkatkan kesehatan usus. Konon, sistem pencernaan yang bahagia sering dikaitkan dengan penurunan berat badan.

3. Tidak konsumsi makanan cepat saji 

Orang Korea dikenal dengan tubuh yang bugar dan sehat dan salah satu alasan di baliknya adalah pilihan makanan yang mereka buat.  Diyakini bahwa kebanyakan orang Korea menghindari makan makanan olahan, tinggi lemak dan berkalori tinggi.  

Mereka lebih suka makanan rumahan daripada makanan cepat saji, alasan terbesar di balik obesitas di banyak negara. Mengurangi makanan seperti itu tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga mencegah penyakit kronis.

Selain itu, orang Korea suka jalan-jalan. Mereka lebih suka apapun selain menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Aktivitas fisik sangat penting, terutama dalam hal berat badan dan juga kesehatan secara keseluruhan.

4. Konsumsi makanan laut

Bagi Anda yang non-vegetarian, batasi asupan daging yang tinggi lemak. Alih-alih lakukan gaya Korea dan beralih ke makanan laut.  Makanan laut merupakan salah satu makanan pokok di Korea.  Mengingat bahwa negara ini dikelilingi oleh air, mereka memiliki akses ke semua jenis makanan laut. Selain ikan berlemak, yang sangat baik untuk kesehatan, rumput laut adalah makanan Korea yang umum yang dapat dipadukan dengan segala sesuatu mulai dari hidangan biasa hingga sup.  

Ini kaya akan vitamin dan mineral dan memiliki banyak serat, yang sangat bagus untuk pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement