Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Apa Itu FMWhatsApp dan Kenali Risiko Menggunakannya

Kamis 02 Dec 2021 00:51 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih

Whatsapp. Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak dimodifikasi.

Whatsapp. Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling banyak dimodifikasi.

Foto: EPA/Ritchie B.Tongo
FMWhatsApp memiliki fitur yang tidak ada di WhatsApp namun rentan disusupi malware.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang banyak dimodifikasi. Aplikasi FMWhatsApp merupakan versi modifikasi dari aplikasi chat ini, yang diklaim anti-banned.

Versi ini juga menawarkan banyak fitur yang tidak diberikan dari versi asli, diantaranya terkait hal penyesuaian, privasi, keamanan, dan lainnya. 

Baca Juga

Dilansir GB Plus, FMWhatsApp memiliki beberapa fitur yang disediakan yang dinilai lebih baik dari aslinya, sebagai berikut :

Pertama, diantara beberapa fitur yang ada di FMWhatsApp adalah yang memungkinkan pengguna untuk tidak diketahui saat melihat status pengguna lainnya. Dengan kata lain, mengaktifkan fitur ini membuat Anda dapat diam-diam mengamati status yang dibagikan atau diunggah orang lain tanpa diketahui oleh mereka. 

Kedua, ada freeze last seen yang memungkinkan untuk menyembunyikan kapan terakhir kali Anda terlihat atau membuka maupun menggunakan WhatsApp. Dalam versi asli, ada pilihan untuk mematikan fungsi last seen, namun konsekuensinya, Anda juga tidak dapat melihat di orang lain. 

Karena itu, dengan FMWhatsApp, Anda dapat memilih freeze last seen dan menyembunyikan waktu terakhir membuka aplikasi ini, namun bersamaan tetap bisa melihat status last seen pengguna lainnya. 

Ketiga, ada fitur menyembunyikan apakah Anda sudah menerima atau membaca pesan dari pengguna lain. Ini juga berlaku untuk tanda centang biru. 

Dengan demikian, pengirim tidak akan tahu apakah Anda sudah melihat pesannya atau belum. Hanya ada satu centang yang muncul, meski sudah dibaca oleh Anda yang menggunakan FMWhatsApp. 

Keempat, FMWhatsApp memungkinkan Anda langsung mengirim pesan teks, suara, atau bahkan panggilan video ke siapapun tanpa benar-benar menyimpan nomor kontak mereka.

Fitur ini berguna ketika kita hanya perlu mengirim pesan teks satu kali ke seseorang dan tidak ingin nomornya disimpan di ponsel. Cukup, klik tiga titik di sudut kanan atas dan klik 'pesan nomor' dan cukup masukkan nomor, kemudian langsung kirim pesan dan mulai percakapan.

Kelima, FMWhatsApp memungkinkan Anda dapat melihat status atau cerita yang dibagikan pengguna di kontak sekalipun itu sudah dihapus. Fitur ini tentu saja memberi akses utama bagi Anda saat tidak ada lagi yang bisa melihatnya. 

Keenam, FMWhatsApp hadir dengan fitur yang memungkinkan Anda memilih banyak tema untuk tampilan percakapan yang menyenangkan. Ada lebih dari 100 tema tersedia di aplikasi ini.

Meski demikian, sejumlah keunggulan dari FMWhatsApp tidak membuat aplikasi ini dapat digunakan dengan nyaman begitu saja. Sebab, ada sejumlah faktor keamanan yang rentan di dalamnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA