Sunday, 13 Jumadil Akhir 1443 / 16 January 2022

Ayo Dicek, Sudah Benarkah Cara Anda Menyikat Gigi?

Ahad 28 Nov 2021 01:46 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Sikat gigi (ilustrasi). Salah satu kesalahan cara menyikat gigi yang harus segera diperbaiki adalah menyikatnya terlalu kuat.

Sikat gigi (ilustrasi). Salah satu kesalahan cara menyikat gigi yang harus segera diperbaiki adalah menyikatnya terlalu kuat.

Foto: PxHere
Sebagian orang mengalami masalah akibat salah dalam menyikat gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari dengan durasi minimal dua menit setiap kali menyikat gigi. Meski sudah mengikuti anjuran ini, sebagian orang masih berhadapan dengan masalah seperti gigi sensitif hingga plak gigi. Apa yang salah?

Dokter gigi Pavani Reddy mengatakan masalah-masalah tersebut mungkin terjadi akibat cara menyikat gigi yang salah. Salah satu kesalahan cara menyikat gigi yang harus segera diperbaiki adalah menyikat gigi terlalu kuat.

Baca Juga

"Maskudnya adalah menyikat gigi Anda lebih keras dibandingkan yang dibutuhkan," ujar drg Reddy, seperti dikutip dari Indian Express, Sabtu (27/11).

Menurut drg Reddy, ada tiga hal yang dapat membuat seseorang menyikat gigi terlalu kuat. Salah satu di antaranya adalah tekanan berlebih dari tangan dominan yang digunakan dalam menyikat gigi.

Alasan lainnya adalah menyikat gigi lebih banyak dari yang dibutuhkan. Selain itu, sikat gigi yang disertai bulu abrasif juga dapat memicu terjadinya sikat gigi yang terlalu kuat.

"(Gerakan agresif dan bulu abrasif) adalah kombinasi yang sangat buruk," jelas drg Reddy.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA