Selasa 05 Oct 2021 08:35 WIB

Kebiasaan yang Bikin Sikat Gigi Jadi Sarang Kuman

Jatuh ke lantai kamar mandi, sikat gigi bisa terkontaminasi oleh kotoran.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sikat gigi. Penting untuk mengganti sikat gigi secara berkala.
Foto: Republika/Prayogi
Sikat gigi. Penting untuk mengganti sikat gigi secara berkala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa studi mengungkapkan bahwa sikat gigi dapat "dihuni" oleh lebih dari 10 juta bakteri. Temuan ini tentu terasa ironis karena sikat gigi digunakan untuk menjaga kebersihan gigi.

Beberapa contoh bakteri menjijikkan yang bisa ditemukan pada sikat gigi adalah e.coli, streptococci, dan staphylococcus. Beberapa strain e.coli dapat menyebabkan gejala seperti diare, nyeri perut, kram, serta demam ringan. Sedangkan streptococci dapat menyebabkan infeksi kulit dan dalam situasi yang sangat jarang bisa memicu sepsis.

Baca Juga

Di sisi lain, staphylococcus biasanya berbahaya bila terpapar pada kulit yang tertusuk. Bakteri ini juga berpotensi berbahaya bila berada di area gusi yang berdarah karena kondisi tersebut memungkinkan staphylococcus untuk masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi.

Menurut dokter gigi Upen Vithlani dari My Mouth, bukan hanya bakteri yang bisa ditemukan di dalam sikat gigi, tetapi juga virus dan jamur. Ada beragam cara yang bisa membuat kuman-kuman ini bersarang di dalam sikat gigi.

 

"Dari membiarkan sikat gigi Anda tak tertutup, membilas kloset dengan membiarkan penutupnya terbuka, atau kontaminan dari siraman kloset yang menjadi airborne yang cukup lama bertahan di permukaan kamar mandi," jelas Vithlani, seperti dikutip dari The Sun, Selasa (5/10).

Baca juga : Kebiasaan Kunyah Pinang di Papua yang Sehatkan Mulut

Sikat gigi yang jatuh pun bisa dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri airborne yang menempel di lantai atau kotoran dari kaki atau feses yang tertinggal di lantai. Kuman dan kotoran tersebut kemudian bisa masuk ke dalam mulut lewat sikat gigi dan memicu masalah.

"Ada ribuan bakteri di mulut kita sehingga Anda bisa membayangkan berapa banyak yang ada di sikat gigi Anda," ujar Dr Vithlani.

Di dalam mulut memang terdapat kuman baik, namun ada pula kuman jahat yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan kuman di dalam mulut. Beberapa contoh kuman yang perlu dikurangi di dalam mulut adalah Fusobacterium nucleatum, P. Gingivalis, P. intermedia, B. forsythus, dan T. Denticola.

"Beberapa dari kuman jahat ini hanya tumbuh ketika mulut tidak bersih. Bahkan beberapa jamur hidup di mulut kita seperti Candida Albicans yang merupakan kuman oportunistik," papar Vithlani.

Penting untuk melakukan upaya untuk mencegah masuknya kuman menjijikan ke dalam tubuh melalui sikat gigi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan penutup atau tempat penyimpanan sikat gigi untuk mencegah kontaminasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement