Selasa 23 Nov 2021 13:01 WIB

Novel Sitti Nurbaya, Nikah Paksa karena Utang Orang Tua

Sitti Nurbaya mengkhianati kekasihnya Samsulbahri karena dinikahi Datuk Maringgih.

Novel Sitti Nurbaya karya Marah Rusli
Foto:

Kisah cinta yang tak sampai itu tema universal, menyentuh, disukai di berbagai belahan dunia. Di dunia barat, ada kisah Romeo dan Juliet dari tangan William Shakespeare. Kisah ini ditulis di tahun 1591-1595. Kini kita tahu ternyata kisah ini diadopsi dari penulis lainnya: Arthur Brooke, di tahun 1562 dengan judul The Tragical History of Romeus and Juliet. (1)

Di Cina ada kisah Sampek-Engtay. Ini judul sebuah film di tahun 1931, dengan produser The Teng Cun. Ternyata cerita ini diinspirasi oleh kisah yang jauh lebih tua, kisah rakyat, berjudul The Butterfly Lovers.

Rome and Juliet, Sampek Engtay, dan Sitti Nurbaya-Samsulbahri ketiganya memiliki karakter kisah yang sama. Pasangan kekasih dalam tiga kisah di atas begitu sangat mecintai. Mereka merasakan kedalaman cinta sejati.

Namun cinta mereka dipisahkan. Pihak wanita dijodohkan atau terpaksa menerima pinangan lelaki lain. Di akhir cerita, pasangan kekasih yang masih hidup memilih wafat menyusul sang pujaan hati yang wafat terlebih dahulu.

Untuk kasus Sampek-Engtay, ketika wafat, jiwa pasangan ini terbang menjadi sepasang kupu-kupu. Untuk kasus Romeo dan Juliet, Juliet membunuh dirinya sendiri setelah ia mengetahui Romeo wafat. Untuk kasus Sitti Nurbaya, Samsulbahri meminta dirinya dimakamkan di dekat makam Sitti Nurbaya.

Baca juga : Cover Depan Semua Surat Kabar di Korsel Muat BTS

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement