Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

Manfaat Twitter Spaces dan Cara Menggunakannya

Senin 22 Nov 2021 19:18 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Twitter Spaces

Twitter Spaces

Foto: twitter
Spaces dapat digunakan sebagai podcast atau siniar langsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seiring berjalannya waktu, sosial media terus berkembang. Jika platform berbagi foto Instagram kini mempunyai Reels untuk berbagi video singkat, Twitter memiliki Spaces untuk obrolan audio.

Spaces adalah ruang obrolan audio yang memungkinkan pengguna Twitter bisa melakukan obrolan suara secara langsung. Yang membuatnya unik adalah jumlah orang yang terlibat tidak terbatas.

Baca Juga

Spaces dapat digunakan sebagai podcast atau siniar langsung. Fitur Spaces ini tampak seperti Clubhouse. Clubhouse adalah aplikasi audio sosial untuk iOS dan Android di mana pengguna dapat berkomunikasi di ruang obrolan audio yang menampung ribuan orang. Meskipun Clubhouse lebih ekslusif, itu tak membuat popularitas Spaces menurun. 

Bagaimana cara menggunakan Spaces?

Dilansir Online Tech Tips, untuk saat ini, bergabung dengan Spaces hanya dapat dilakukan melalui smartphone Android atau iOS. Berikut langkah-langkah untuk menyiapkan Spaces:

1.Buka aplikasi Twitter

2.Untuk Android, buka halaman profil, pilih ikon + lalu pilih Spaces. Untuk iPhone, tekan lama tombol tulis cicitan dan pilih ikon Spaces.

3.Klik pilihan “Beri nama Spaces Anda” dan ketik nama yang Anda inginkan.

4.Setelah itu, pilih tombol “Mulai Spaces Anda.”

5.Setelah Space Anda berjalan, Anda dapat berbicara sebagai pembawa acara solo atau Anda dapat mengundang pembicara lain dengan memilih ikon kecil dua orang.

6.Anda dapat mengunggah cicitan tautan Spaces ke pengikut Anda jika Anda ingin memberi tahu orang-orang bahwa Anda sedang siaran langsung.

Sebagai tuan rumah, hanya Anda yang dapat memutuskan siapa yang akan menjadi pembicara dan Anda dapat menghapus pembicara kapan saja. Anda mengelola topik diskusi dan dapat mengambil mikrofon atau membisukan orang lain di ruang Anda. Anda juga dapat membisukan semua orang di  Spaces secara bersamaan dan menjadwalkan Spaces serta mengatur pengingat.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA