Sabtu 20 Nov 2021 09:03 WIB

Manfaatkan Fitur Geolocation di Absensi Online Google Form

Absensi menjadi rutinitas untuk menunjukkan kehadiran mengikuti kegiatan instansi

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan form absensi kepada staff pengajar Pondok Pesantren Al-Ihya, Bekasi. Bertempat di aula Pondok Pesantren Al Ihya Bekasi, kegiatan ini digelar secara langsung, pada  Ahad (14/11) pukul 09.00-17.00 WIB.
Foto: istimewa
Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan form absensi kepada staff pengajar Pondok Pesantren Al-Ihya, Bekasi. Bertempat di aula Pondok Pesantren Al Ihya Bekasi, kegiatan ini digelar secara langsung, pada Ahad (14/11) pukul 09.00-17.00 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Pengaruh peraturan yang mengharuskan pendidikan dilakukan secara daring, membutuhkan media yang bisa membantu dalam pelaksanannya. Tidak hanya pendidikan, seminar yang biasanya dilakukan secara berkumpul disuatu aula atau tempat, kini dilakukan dengan online, bisa melalui channel Youtube, google, meeting, zoom cloud meeting atau aplikasi online lainnya. Sebagai bukti kehadiran, baik pembelajaran daring ataupun webinar membutuhkan media, salah satunya adalah google form.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan form absensi kepada staff pengajar Pondok Pesantren Al-Ihya, Bekasi. Bertempat di aula Pondok Pesantren Al Ihya Bekasi, kegiatan ini digelar secara langsung, pada  Ahad (14/11) pukul 09.00-17.00 WIB.

Baca Juga

Sri Utami, selaku ketua pelaksana mengungkapkan absensi menjadi rutinitas untuk menunjukkan kehadiran dalam mengikuti sebuah kegiatan, bekerja dalam suatu instansi.  Dalam pembuatan absensi dengan google form, dilakukan cukup mudah dan menghemat pengeluaran.

“Untuk mengatasi pembuatan absensi secara manual, kita bisa membuat absensi online dengan memanfaatkan google form. Namun, fenomena yang sering terjadi saat melakukan absensi adalah titip absen yang paling sering dilakukan oleh karyawan, pelajar hingga peserta kegiatan. Bermodalkan link presensi, semua orang bisa dengan mudah mengakses link tersebut untuk melakukan absensi dari kota mana saja. Terutama pelajar atau karyawan yang memang notabene nya harus berada dirumah saja bukan memanfaatkan WFH untuk liburan di kota lain,” ujar Sri dalam rilis yang diterima, Sabtu (20/11). 

Ia menambahkan, untuk menyiasati hal tersebut, dapat menerapkan fitur Geolocation pada Google Form. Walaupun terbilang cukup sulit, namun kenyataannya hanya perlu copy-paste saja pemrogramannya tanpa harus membuat coding dulu. 

“Caranya, setelah berhasil membuat formulir absensi online pada google form, kita cukup memilih titik tiga pada pojok kanan atas. Kemudian pilih editor skrip. Kita akan diarahkan ke halaman google script, simpan skrip dengan nama ‘Geolocation’ atau bebas dan pilih Ok,” ungkap Sri. 

Sri mengaku pada pelatihan itu, semua dosen Universitas BSI mengajarkan langkah-langkah bagaimana mengubah skrip koding secara langsung agar staff pengajar Pondok Pesantren Al-Ihya tidak mengalami kesulitan. Melalui pelatihan ini, ia berharap agar seluruh staff memahami cara pembuatan absensi online dengan memanfaatkan fitur geolocation. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement