Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Catatan VAR di Liga Inggris: Auba Beruntung, Salah Buntung

Kamis 18 Nov 2021 22:34 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

 Mohamed Salah dari Liverpool merayakan gol yang kemudian dianulir oleh VAR selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool FC di London, Inggris, 28 Januari 2021.

Mohamed Salah dari Liverpool merayakan gol yang kemudian dianulir oleh VAR selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Liverpool FC di London, Inggris, 28 Januari 2021.

Foto: EPA-EFE/Shaun Botterill
Empat gol Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Son Heung-min dianulir VAR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggunaan VAR di Liga Primer Inggris telah memasuki musim ketiga. Banyak cerita hadir dari penerapan teknologi yang membuat keputusan wasit kini makin presisi dari kejadian di lapangan. Ada kisah bahagia, tentu saja ada cerita pahit. 

ESPN telah menelusuri statistik pada 870 pertandingan untuk mencari tahu siapa yang paling banyak diuntungkan atau dirugikan karena VAR ini. Berikut catatannya:

Baca Juga

Gol pribadi yang dianulir

photo
Sadio Mane dari Liverpool. - (AP/Luis Vieira)
Duo Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane ditambah Son Heung-min dari Tottenham Hotspur, adalah yang paling banyak dirugikan dengan masing-masing empat gol dianulir oleh VAR. Gol Son telah tiga kali dianulir karena offside, dengan yang keempat karena offside Lucas Moura saat melawan Southampton.

Sementara itu, Salah juga mendapati tiga golnya dianulir karena offside, ditambah Roberto Firmino dihukum karena handball dalam proses gol Salah ke gawang Tottenham. Adapun Mane, memiliki dua gol yang dianulir karena dia offside serta dua lainnya karena handball.

Tiga pemain lain yang mengisi daftar gol yang dianulir oleh VAR di Liga Primer, yakni Timo Werner (Chelsea), Gabriel Jesus (Manchester City), dan Harry Kane (Tottenham). Masing-masing tiga gol mereka telah dianulir oleh VAR.

Gol dianulir karena offside

Dalam hal gol offside saja, cukup jelas bahwa Salah dan Son berada di puncak daftar ini dengan tiga gol yang dianulir. Adapun pemain lain yang memiliki banyak gol yang dianulir karena offside adalah Mane, Ollie Watkins dari Aston Villa dan Chris Wood dari Burnley.

Gol dianulir karena keterlibatan pemain lain

photo
Son Heung-min dari Tottenham Hotdpur. - (EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA)

Selain gol-gol yang dianulir karena kesalahan sendiri, ESPN juga merangkum gol yang dianulir karena kesalahan rekan setim, baik dalam proses terciptanya gol atau karena pelanggaran. Mane dan Son keduanya terlibat dalam total enam gol yang dianulir oleh VAR.
Selain empat gol Mane yang dianulir, ia juga dinilai melakukan pelanggaran sebelum Diogo Jota mencetak gol melawan West Ham United, dan offside sebelum gol Jordan Henderson ke gawang Everton musim lalu.

Son juga menyaksikan gol Serge Aurier dan Kane dibatalkan karena offside yang dilakukannya dalam proses gol kedua rekannya, menambah empat golnya sendiri yang dianulir.

Jesus, Salah, Wood, ditambah pemain West Ham United Michail Antonio menyusul dalam tabel, masing-masing telah terlibat dalam empat gol dianulir.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA