Kamis 18 Nov 2021 14:34 WIB

Instagram akan Tutup Aplikasi Threads pada Akhir Tahun

Pengguna Threads diminta beralih ke Instagram untuk berkirim pesan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Aplikasi perpesanan mandiri Instagram, Threads akan ditutup. Aplikasi tidak akan lagi didukung pada akhir Desember 2021.

Instagram berencana untuk memberi tahu pengguna Threads yang dimulai pada 23 November. Instagram akan mengarahkan pengguna Threads agar ke Instagram untuk mengirim pesan ke teman-teman mereka di masa mendatang.

Baca Juga

Dilansir dari Tech Crunch, Kamis (18/11), Threads diperkenalkan pada 2019 sebagai aplikasi pendamping Instagram tak lama setelah perusahaan menutup aplikasi perpesanan mandiri lainnya, Direct. Alih-alih hanya berfokus pada pengalaman kotak masuk, Threads dibuat sebagai pesan seluler yang mengutamakan kamera yang dirancang digunakan untuk memposting pembaruan status dan tetap berhubungan dengan orang-orang yang Anda tetapkan sebagai “Close Friends” Anda di Instagram.

Tetapi aplikasi ini tidak mendapatkan adopsi arus utama. Alih-alih mengulangi pengalaman tersebut, Threads mendapat sedikit perhatian hingga perubahan tahun lalu, yang memungkinkan untuk mengirim pesan kepada semua orang – bukan hanya “Close Friends”- seperti yang pernah ditawarkan Direct.

Aplikasi hari ini berada di peringkat No. 214 dalam kategori Foto & Video di App Store Amerika Serikat (AS). Aplikasi ini mendapat rating 3,1 di 2.500 ulasan karena pengguna mengeluh tentang kegunaan, tata letak, fitur yang hilang, dan gangguan. Hingga saat ini, Threads telah diinstal oleh 13,7 pengguna di App Store dan Google Play. 

Penutupan terjadi pada saat Meta (sebelumnya, Facebook) sedang membenahi platform perpesanannya. Setelah debut Threads, Facebook membuat Messenger dan Instagram dapat dioperasikan-artinya pengguna Instagram dapat mengirim pesan kepada teman di Facebook dan sebaliknya.

Pembaruan juga mencakup sejumlah fitur baru, seperti cara menonton video bersama, bereaksi dengan emoji, mengubah warna obrolan, dan banyak lagi. Akhirnya, perusahaan ingin memasukkan WhatsApp dalam pengalaman pengiriman pesan lintas platform ini.

Tentu saja, perubahan itu menimbulkan pertanyaan di mana meninggalkan aplikasi pendamping yang lebih kecil seperti Threads.

Perusahaan mengatakan kepada TechCrunch bahwa keputusannya untuk menutup Thread terjadi karena banyak fitur yang paling disukai -seperti teks dan status otomatis-telah diluncurkan atau sekarang diluncurkan ke Instagram. Instagram juga merasa dapat lebih memfokuskan upaya pengiriman pesannya dengan tidak membagi perhatiannya di antara dua aplikasi yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement