Selasa 16 Nov 2021 13:11 WIB

Ayah Harus Sedia Telinga Ketika Anak Ingin Bercerita

Ayah harus menyediakan waktu untuk mendengar cerita anaknya.

Ilustrasi ayah dan anak. Ayah harus menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita anak.
Foto: MGROL100
Ilustrasi ayah dan anak. Ayah harus menyediakan waktu untuk mendengarkan cerita anak.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Wisnu Widjanarko, mengingatkan para ayah agar hadir sepenuhnya ketika anak membutuhkannya. Ayah harus menyediakan waktu lebih banyak untuk mendengar cerita dari anak-anaknya.

"Ayah harus menyediakan telinganya untuk anaknya kapanpun mereka ingin bercerita, karena kehadiran ayah sebagai pendengar sangat memengaruhi psikologis anak," kata dosen komunikasi keluarga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman ini.

Baca Juga

Wisnu menjelaskan, ayah memiliki peran penting dalam mendampingi anak-anak mereka, terlebih saat pandemi seperti sekarang ini. Sebab,  masa pandemi tentu sangat berat untuk dilewati anak karena harus mengalami pembatasan aktivitas.

"Peran ayah diperlukan untuk membersamai anak di masa-masa yang tidak mudah," kata Wisnu.

Selain mendengarkan cerita anak, ayah juga perlu memberikan rasa aman dan tenang saat anak merasa gelisah. Pelukan ayah dapat menentramkan anak.

"Termasuk juga memberikan waktu yang lebih banyak untuk beraktivitas bersama dengan keluarga dan anak-anak," ujar Wisnu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement