Jumat 12 Nov 2021 21:51 WIB

Ayah Berperan Membentuk Kepribadian Anak

Ayah juga harus terlibat dalam pengasuhan anak.

Ilustrasi ayah dan anak. Ayah dan ibu harus punya kontribusi yang seimbang dalam pengasuhan anak.
Foto: Republika/Yogi Ardi
Ilustrasi ayah dan anak. Ayah dan ibu harus punya kontribusi yang seimbang dalam pengasuhan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Psikolog keluarga Ketty Murtini mengingatkan pengasuhan anak bukan tugas ibu semata. Ia menjelaskan, seorang ayah secara psikologis memiliki peran yang penting dalam membentuk kepribadian dan karakter buah hatinya.

"Dulu dalam pola pengasuhan lebih banyak ibu yang disebut, tetapi pada dasarnya ayah dan ibu punya kontribusi yang seimbang dalam tumbuh kembang anak," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Baca Juga

Ketty mengatakan bahwa dalam pola pengasuhan, ayah dan ibu harus sepakat untuk terlibat langsung. Perbedaan pola pengasuhan membuat anak menjadi bingung.

Menurut Ketty, ayah biasanya lebih memiliki peran yang terkait dengan dunia luar, sedangkan ibu lebih pada peran domestik. Dari ayah, seorang anak bisa belajar tentang maskulinitas, belajar tentang dunia di luar rumah, dan tentang peran di masyarakat.

 

Ayah adalah figur kepala keluarga yang menjadi panutan serta contoh bagi anak. Ayah juga berperan mencari nafkah dan melindungi keluarga.

Ketty juga mengingatkan bahwa pendidikan bagi anak yang utama dan pertama dari ayah dan ibunya. Seorang anak, secara psikologis, butuh ayah dan ibunya sekaligus.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement