Ahad 14 Nov 2021 04:41 WIB

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Menang Besar, Prancis Lolos

Prancis berlaga di Piala Dunia 2022 setelah mencukur Kazakhstan 8-0, Mbappe 4 gol.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Israr Itah
Penyerang Prancis Kylian Mbappe merayakan golnya ke gawang Kazakhstan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Mbappe mencetak empat gol saat Prancis mencukur Kazakhstan 8-0.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Penyerang Prancis Kylian Mbappe merayakan golnya ke gawang Kazakhstan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Mbappe mencetak empat gol saat Prancis mencukur Kazakhstan 8-0.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Prancis sukses melaju ke Piala Dunia 2022 di Qatar usai menjuarai Grup D. Kepastian ini diperoleh Prancis setelah menggulung Kazakhstan 8-0 di Parc des Princes, Paris pada Ahad (14/11) dini hari WIB. Pada laga ini, Kylian Mbappe menciptakan quattrick alias empat gol.

Tambahan tiga poin membuat koleksi angka Prancis menjadi 15. Tim Ayam Jantan unggul empat angka dari Finlandia di posisi kedua. Finlandia adalah lawan terakhir Prancis di laga penyisihan Grup D. 

Baca Juga

Jalannya laga

Mbappe mampu mencetak gol kala laga baru berjalan enam menit. Mbappe mendapat operan manis di dalam kotak penalti untuk dikonversi menjadi gol lewat tembakan rendah ke sudut kanan bawah gawang.

 

Enam menit berselang, juara bertahan Piala Dunia itu menggandakan keunggulan. Hugo Lloris langsung melempar bola dari kotak penaltinya untuk membuat tuan rumah melakukan serangan balik. 

 

Kiper Kazakhstan Pokatilov tergesa-gesa berlari keluar dari kotaknya untuk menutup Kingsley Coman yang sedang melaju. Coman tak mengeksekusinya sendiri, tapi memberikan umpan gurih ke Mbappe. Penyerang Paris Saint-Germain itu menuntaskan peluang itu menjadi gol ke gawang yang kosong.

 

Usaha Kazakhstan menebus kebobolan gagal beberapa menit berikutnya karena Lloris berhasil melompat untuk menangkap peluang dari tendangan sudut.

 

Setelah menit ke-15, Prancis mendominasi permainan dengan saling bertukar kombinasi operan satu dua. Karim Benzema, Kingsley Coman dan Antoine Griezmann bergantian membuat peluang. Namun lini pertahanan anak asuhan Talgat Baysufinov mampu mementalkan peluang-peluang itu.

 

Namun pertahanan tim tamu terbongkar juga. Mbappe sukses menorehkan hattrick pada menit ke-32. Gol bermula saat Mbappe berlari menyambut umpan lambung dari Coman. Mbappe lalu menyundul bola ke sisi kiri gawang tanpa bisa dihalau Pokatilov.

 

Semenit berselang, Lloris membuat penyelamatan luar biasa kala mengamankan gawang dari sundulan Oralkhan Omirtaev. Sundulan Omirtaev kembali mampu diamankan Lloris jelang peluit akhir babak pertama. Skor 3-0 untuk keunggulan Prancis menutup babak pertama. 

 

Laga berjalan keras pada awal babak kedua. Penyerang Prancis Karim Benzema dan Omirtaev masing-masing diganjar kartu kuning karena pelanggaran keras. Benzema membuktikan ketajamannya pada menit ke-55 lewat tendangan yang menerobos sudut kiri bawah gawang. Gol ini sempat dicek ulang lewat VAR guna memastikan ada tidaknya offside yang terjadi.

 

Pesta gol anak asuhan Didier Deschamps ternyata masih belum berakhir. Mbappe kembali menjadi malapetaka bagi Kazakhstan di menit ke-56. Kali ini, Mbappe memberi assist  pada Benzema untuk melepaskan tembakan rendah ke tengah gawang.

 

Pundi-pundi gol Prancis nyaris bertambah lagi di menit ke 73, tapi sayang gol Moussa Diaby dianulir karena terjadi offside lebih dulu.  Adrien Rabiot baru memastikan keunggulan 6-0 di menit ke-75 usai sundulannya dari hasil tendangan sudut meluncur mulus ke dalam gawang.

 

Pada menit ke-82, wasit Glenn Nyberg tidak dapat menghiraukan tekel kasar yang dilakukan oleh Vladislav Vassiljev. Nyberg memutuskan Prancis mendapat tendangan penalti usai tinjauan VAR. Antoine Griezmann menunaikan tugas sebagai algojo penalti dengan baik usai mengecoh Pokatilov.

 

Malam indah Prancis ditutup gol Mbappe pada menit ke-87. Ia melepaskan tembakan cantik dari pinggir kotak penalti ke sudut kanan gawang. Ini jadi gol keempat Mbappe pada laga tersebut. Ini jadi malam yang spesial buat Mbappe yang mencetak empat gol untuk Prancis di kandang klub yang dibelanya, Paris Saint-Germain, sekaligus mengantarkan tim Ayam Jantan lolos ke Piala Dunia 2022. Prancis akan berupaya mempertahankan gelar mereka di Qatar akhir tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement