Monday, 14 Jumadil Akhir 1443 / 17 January 2022

Arab Saudi Dukung Pendaftarhitaman Tiga Pimpinan Houthi

Ahad 14 Nov 2021 00:30 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil

Arab Saudi Dukung Pendaftarhitaman Tiga Pimpinan Houthi. Foto ilustrasi:  Warga Yaman memeriksa lokasi serangan udara pimpinan Saudi yang menargetkan posisi di Sana

Arab Saudi Dukung Pendaftarhitaman Tiga Pimpinan Houthi. Foto ilustrasi: Warga Yaman memeriksa lokasi serangan udara pimpinan Saudi yang menargetkan posisi di Sana

Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Pendaftarhitaman tiga pimpinan Houthi didukung Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH—Arab Saudi mendukung keputusan Dewan Keamanan PBB untuk memasukkan tiga nama pimpinan Houti dalam daftar hitam (blacklist), karena dianggap mengancam keamanan, perdamaian dan stabilitas Yaman. Daftar hitam membuat ketiganya dilarang melakukan perjalanan masuk maupun keluar, seluruh aset global dan senjata mereka juga telah dibekukan. 

Adapun sanksi yang dijatuhkan kepada ketiga pimpinan tersebut, Muhammad Abd Al-Karim Al-Ghamari; seorang pemimpin pasukan Houthi yang ditugaskan di Marib, Yusuf Al-Madani; dan asisten menteri pertahanan untuk logistik Houthi, Saleh Mesfer Saleh Al-Shaer, diambil berdasarkan konsensus yang dilakukan PBB. 

Baca Juga

Kementerian luar negeri Kerajaan menyatakan harapan bahwa daftar hitam akan berkontribusi untuk mengakhiri kegiatan milisi Houthi dan para pendukungnya. Kementerian juga berharap keputusan itu akan menetralisir bahaya yang ditimbulkan oleh milisi, dan menghentikannya agar tidak dipasok dengan rudal, pesawat tak berawak, senjata, dan dana untuk membiayai upaya perangnya yang menargetkan warga sipil dan fasilitas ekonomi di Kerajaan dan Yaman dan mengancam internasional. navigasi dan negara tetangga.

Kementerian juga menegaskan kembali dukungan Kerajaan untuk Yaman dan pemerintah yang sah, dan semua upaya internasional untuk mencapai solusi politik yang komprehensif untuk mengakhiri krisis di Yaman dan meringankan penderitaan rakyatnya.

Sumber

https://www.arabnews.com/node/1966806/saudi-arabia

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA