Sabtu 13 Nov 2021 09:55 WIB

Ardern Harap Tawaran AS Jadi Tuan Rumah APEC 2023 Diterima

Amerika Serikat menawarkan jadi tuan rumah rangkaian pertemuan tahunan APEC pada 2023

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
 Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berharap tawaran AS jadi tuan rumah APEC 2023 diterima. Ilustrasi.
Foto: AP/Mark Mitchell/Pool New Zealand Herald
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berharap tawaran AS jadi tuan rumah APEC 2023 diterima. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan dia mengharapkan anggota Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) akan segera mencapai konsensus menerima tawaran Amerika Serikat menjadi tuan rumah rangkaian pertemuan tahunan APEC pada 2023.

"Sebelum tahun ini, tidak ada anggota APEC yang menawarkan menjadi tuan rumah untuk 2023 dan 2024," kata Ardern pada konferensi pers Sabtu (13/11) pagi.

Baca Juga

Ardern berbicara pada konferensi pers itu setelah dia menjadi tuan rumah pertemuan puncak virtual para pemimpin dari 21 anggota ekonomi APEC. "Karena itu, saya sangat senang Amerika Serikat dan Peru telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah masing-masing pada 2023 dan 2024 dan berharap pengaturan untuk menjadi tuan rumah di masa depan dikonfirmasi sesegera mungkin," ujarnya.

Rangkaian pertemuan APEC pada 2021 diselenggarakan sepenuhnya secara daring karena Selandia Baru sebagai tuan rumah menerapkan langkah-langkah pengendalian pandemi garis keras. Selain itu, para pemimpin politik dan bisnis menekankan perlunya memerangi Covid-19, mendekarbonisasi ekonomi, dan bertumbuh secara berkelanjutan. Thailand adalah tuan rumah pertemuan APEC untuk 2022.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement