Senin 08 Nov 2021 20:39 WIB

6 Cara Alami Redakan Kecemasan yang Mudah Diterapkan

Menurut data WHO, satu dari 13 orang di dunia mengalami gangguan kecemasan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Gangguan kecemasan (Ilustrasi). Kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum.
Foto: Dok Republika
Gangguan kecemasan (Ilustrasi). Kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecemasan merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum. Selain menjalani terapi yang sesuai, beberapa cara alami juga dapat membantu meredakan masalah kecemasan ini.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), satu dari 13 orang di dunia mengalami gangguan kecemasan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya gejala berupa gugup, gelisah, tegang, jantung berdegup kencang, dan nyeri dada.

Baca Juga

Masalah kesehatan fisik seperti tiroid yang overaktif juga bisa memicu gangguan kecemasan. Oleh karena itu, diagnosis yang akurat sangat dibutuhkan agar penderita gangguan kecemasan bisa mendapatkan terapi medis terbaik.

Bersamaan dengan terapi medis, penderita gangguan kecemasan juga bisa melakukan beberapa upaya alami untuk meredakan kecemasan mereka. Berikut ini adalah enam cara alami yang bisa membantu meredakan kecemasan, seperti dilansir Medical News Today, Senin (8/10).

Olahraga

Sebuah studi pada 2016 menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meredakan kecemasan yang dipicu oleh lingkungan penuh tekanan. Salah satu contohnya adalah membantu kecemasan yang dirasakan oleh perokok yang sedang berusaha berhenti merokok.

Meditasi

Melakukan meditasi dapat membantu menenangkan pikiran yang kalut. Dengan begitu, seseorang bisa lebih mudah untuk mengatasi stres dan kecemasan yang sedang dirasakan. Sebuah studi pada 2010 mengungkapkan bahwa meditasi bisa sangat efektif untuk memabantu orang dengan gangguan terkait suasana hati dan kecemasan.

Ada beragam opsi meditasi yang cukup mudah untuk dilakukan di rumah. Salah satu di antaranya adalah melakukan yoga.

Relaksasi

Beberapa orang dengan masalah kecemasan kerap bermasalah dengan otot dan rahang yang tegang. Latihan relaksasi progresif dapat membantu mengatasi masalah ini.

Untu melakukannya, coba berbaring dalam posisi yang nyaman. Setelah itu, secara perlahan lakukan kontraksi dan relaksasi pada semua kelompok otot, dimulai dari jari kaki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement