Selasa 26 Oct 2021 22:11 WIB

Meditasi Salah Satu Kunci Atasi Kecemasan dan Stres Pandemi 

Meditasi membantu meringankan beban pikiran akibat krisi pandemi

Meditasi membantu meringankan beban pikiran akibat krisi pandemi. Ilustrasi meditasi
Foto: Republika.co.id
Meditasi membantu meringankan beban pikiran akibat krisi pandemi. Ilustrasi meditasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada kesehatan mental banyak orang, termasuk kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. 

Banyak masyarakat menghadapi tantangan yang bisa menimbulkan stres berlebihan, dan menyebabkan emosi yang sulit untuk dikontrol. Dampak stres ini dapat membuat kita merasa terisolasi dan kesepian, sehingga bisa menimbulkan rasa cemas, bahkan depresi. 

Baca Juga

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental adalah melalui meditasi. Cara ini cocok untuk merefleksikan diri dan berelaksasi di tengah kesibukan yang begitu padat.  

Merespons situasi, The Golden Space Indonesia sebagai salah satu lembaga yang menghadirkan kelas-kelas transformasi, meditasi, dan penyembuhan, kembali menggelar ALIVE 2021 secara virtual pada hari akhir pekan ini. 

 

Acara yang memasuki tahun keempat itu merupakan gelaran festival meditasi urban terbesar di Indonesia yang digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan mental, emosional, dan fisik beserta cara meningkatkannya melalui metodologi integratif seperti meditasi.

Tujuan ALIVE untuk mentransformasi masyarakat luar lewat 5 pilar kehidupan, yaitu Abundance Wealth, Loving Relationship, Inspiring Work, Vibrant Health dan Empowering Earth. 

Menurut Managing Director di The Golden Space Indonesia Silvia Basuki, “Pandemi Covid-19 menyebabkan kasus isu kesehatan fisik dan psikologis meningkat pesat karena masyarakat tidak hanya mencemaskan kemungkinan terpapar virus, tetapi juga dihadapkan pada ketidakpastian dalam hampir seluruh aspek kehidupan,” ujarnya kepada media, Selasa (26/10).

Dia menambahkan kondisi bisnis dan ekonomi, lapangan kerja, kesehatan, pendidikan, kondisi masa depan yang sulit diprediksi, serta tuntutan untuk bertahan selama pandemik berdampak nyata pada meningkatnya stres, kecemasan, dan frustasi di masyarakat. 

“Melalui ALIVE 2021, kami berharap bisa membantu masyarakat mengembalikan dan merawat energi positif di tengah pandemik sehingga kita bisa tetap menjalani hidup dengan penuh cinta dan semangat dan bahkan meningkatkan kualitas,” tambahnya. 

Acara ALIVE akan diselenggarakan pada Sabtu (30/10) selama 12 jam lebih, acara ini akan dimulai pukul 09.30 hingga 20.00 dan tiket dapat dibeli di Tokopedia mulai dari 99 Ribu Rupiah. 

Dalam hal ini, The Golden Space Indonesia akan menyediakan 33 kelas meditasi dan berbagai seminar kesehatan mental yang diadakan per kategori dalam waktu bersamaan, yakni kategori Health, Relationships, Wealth and Work, dan Earth. Dalam kegiatan ini turut digelar dialog lintas agama terkait meditasi. 

anaging Director The Golden Space Indonesia, Silvia Basuki, mengungkapkan bahwa ALIVE Fest tahun ini menargetkan 10 ribu orang dari seluruh Indonesia yang akan mengikuti rangkaian acara ini agar nantinya orang-orang yang telah mengikuti kelas-kelas dalam ALIVE Fest bisa hidup jauh lebih positif dibandingkan sebelumnya dan lebih peka terhadap kesehatan mental. 

“Melalui ALIVE 2021, kami berharap bisa membantu masyarakat mengembalikan dan merawat energi positif di tengah pandemik sehingga kita bisa tetap menjalani hidup dengan penuh cinta dan semangat dan bahkan meningkatkan kualitas,” kata dia.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement