Senin 08 Nov 2021 19:31 WIB

Dapat Rating R13, Eternals Tayang Perdana Lusa di Indonesia

LSF memastikan adegan Eternals telah sesuai dengan sosial budaya masyarakat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Film Eternals. Di Indonesia, Eternals tayang dengan klasifikasi penonton R13.
Foto: Disney/MCU
Film Eternals. Di Indonesia, Eternals tayang dengan klasifikasi penonton R13.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Marvel Studios mengumumkan Eternals rilis di bioskop Indonesia mulai Rabu (10/11). Sementara itu, Lembaga Sensor Film telah mengumumkan bahwa film ke-25 dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) itu mendapat klasifikasi rating R13.

"LSF mengapresiasi sutradara dan produser film Marvel karena untuk penayangannya, mereka telah menyesuaikan dengan kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia," ujar Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (6/11).

Baca Juga

Menurut Rommy, penyesuaian tersebut merupakan bentuk pemahaman dan kesadaran yang baik dari dunia industri perfilman internasional. Ia menyebut, film yang diputar di Indonesia harus  memandang pasar dan regulasi yang berlaku.

Eternals lebih dulu tayang di Singapura, yakni pada 4 November 2021, dengan klasifikasi penonton M18 alias Dewasa di atas usia 18 tahun. Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura memberikan rating tersebut sehari sebelum pemutaran karena film yang dibintangi Angelina Jolie itu memuat konten Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dan adegan dewasa.

"Film ini berisi beberapa referensi dan penggambaran homoseksual. Seorang laki-laki berkeluarga dengan jenis kelamin yang sama dan memiliki anak," tulis IMDA dalam website resminya, dilansir Today Online, Sabtu (6/11).

Film Eternals tak akan ditayangkan di Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lain, yaitu Qatar, Kuwait, Bahrain, dan Oman karena pihak Marvel menolak sensor. Penyensoran tersebut berkaitan dengan adanya adegan seks antara Sersi (Gemma Chan) and Ikaris (Richard Madden) serta adegan ciuman sesama jenis dalam film Eternals.

Adegan terakhir merujuk pada karakter yang digambarkan secara gamblang sebagai gay, Phastos. Karakter Eternal yang diperankan Brian Tyree Henry itu berpelukan dan berciuman singkat dengan suaminya (Haaz Sleiman) sebelum menjalankan misi menyelamatkan Bumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement