Ahad 07 Nov 2021 16:56 WIB

Film Eternals Dikritik, Disebut tak Masuk Akal

Post credit Eternals mengikatnya lebih dekat dengan film MCU akan datang.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Film Eternals.
Foto: Disney/MCU
Film Eternals.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Marvel terbaru, Eternals menuai kritik. Kritikus budaya, Noah Berlatsky, menulis kritik film besutan Chloé Zhao ini sebagai film blockbuster langka yang memiliki premis tak masuk akal. 

Dalam tulisannya yang dilansir di laman NBC News, Ahad (7/11), Berlatsky mengatakan para pahlawan super The Eternals secara terbuka bertanya-tanya mengapa mereka membuang-buang waktu melawan monster kuno. "Sayangnya, mereka akhirnya melupakan kritik mereka sendiri dan kembali ke cara heroik lama mereka. Karena itulah yang Anda berikan kepada penggemar superhero Anda ketika mereka telah membayar untuk menonton film superhero," tulis Berlatsky. 

Baca Juga

Film Eternals mengacu kepada sekelompok pahlawan super bertenaga dan abadi. Mereka dikirim dari luar angkasa ke Bumi lebih dari 7.000 tahun yang lalu oleh Celestial bertenaga kosmik.

Misi mereka adalah untuk menghancurkan Deviants, yaitu monster seperti dinosaurus yang telah menyerang dan memakan manusia selama ribuan tahun. Berlatsky mempertanyakan kebingungan tentang mengapa para pahlawan super masih belum mengetahui apa esensi hidup mereka, sementara mereka telah hidup berabad-abad. Banyak dari Eternals sebenarnya bertanya-tanya mengapa, mengingat seberapa banyak kebaikan yang bisa mereka lakukan, mereka dibatasi untuk melawan satu kelompok orang jahat (atau makhluk) tertentu.

Phastos (Brian Tyree Henry) adalah seorang penemu super, yang merasa pusing dengan gagasan bahwa manusia dapat diajari membuat mesin uap. Druig (Barry Keoghan), yang dapat mengendalikan pikiran manusia, memprotes dengan frustrasi bahwa ia dapat mengakhiri perang dan genosida jika diberi kesempatan. 

Argumen-argumen ini berlanjut, karena salah satu manusia bertanya-tanya mengapa Eternals tidak membantu pahlawan super Bumi lainnya melawan Thanos di film Marvel sebelumnya. Jika mereka bisa mencegahnya menghancurkan setengah dari orang-orang di alam semesta, bukankah mereka seharusnya melakukan itu.

Ajak (Salma Hayek), pemimpin Eternals, memiliki kekuatan penyembuhan super dan serangkaian jawaban fasih untuk masalah ini. Sebagian besar tampaknya berasal dari prinsip-prinsip panduan Prime Directive dari "Star Trek", yaitu penting untuk tidak ikut campur dalam pembangunan manusia. "Manusia harus mengikuti jalannya sendiri," kata Ajak.

"Tak satu pun dari ini yang meyakinkan, dan film ini, secara mengejutkan, mengakui hal itu. Tidak mungkin untuk masuk ke intrik plot yang tepat tanpa banyak spoiler, tetapi cukup untuk mengatakan bahwa tujuan Eternals tidak seperti yang terlihat pada awalnya," tulis Berlatsky.

Dia mengatakan, banyak dari latar belakang mereka adalah tipu muslihat yang rumit. Menurutnya, alasan Ajak untuk batasan misi mereka tidak masuk akal karena itu bukan alasan yang sebenarnya.

"Film ini memberi tahu Anda bahwa menyebarkan kiasan superhero tidak ada gunanya," kata Berlatksy.

Dalam konteks ini, kata dia, banyak kelemahan film ini hampir menjadi semacam parodi yang rumit. Efek CGI dinilainya juga tidak meyakinkan. Kebimbangan narasi yang liar dan resolusi deus ex machina (plot yang tidak terpecahkan namun tiba-tiba diselesaikan oleh hal tak terduga) menunjukkan penemuan tak berdaya dari genre tersebut.

"Film ini bahkan setengah mendorong Anda untuk mendukung Deviants," kata dia. 

Argumen moral tentang mengakhiri perang atau memajukan teknologi atau mengubah dunia menjadi lebih baik diajukan untuk mendukung perselisihan yang sangat tidak menarik tentang monster mana yang harus dilawan. Urutan post credit mengikat Eternals lebih dekat dengan sisa Marvel Cinematic Universe (MCU).

Dia mengatakan, penggemar MCU mungkin akan tetap senang dengan film tersebut. "Tetapi ada titik ini, formula MCU telah didaur ulang begitu sering sehingga menonton film-film ini mulai terasa abadi," tulis dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement