Ahad 07 Nov 2021 23:38 WIB

Inggris akan Uji Molnupiravir Bulan Ini

Pengujian sejauh ini dilakukan pada orang yang belum divaksin,

Pil eksperimental Molnupiravir produksi Merck.
Foto: EPA
Pil eksperimental Molnupiravir produksi Merck.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris akan mulai meluncurkan pil antivirus Covid-19 molnupiravir melalui sebuah pengujian obat akhir bulan ini. Pekan lalu Inggris menjadi negara pertama yang mengizinkan obat Covid-19 itu, yang dikembangkan oleh perusahaan AS Merck & Co Inc dan Ridgeback Biotherapeutics.

"Ini kabar baik dan itu (molnupiravir) akan mulai diluncurkan melalui pengujian obat pada akhir bulan ini atau awal Desember," kata Susan Hopkins, Kepala Penasihat Medis di Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

Baca Juga

Dia mengatakan, semua pengujian sejauh ini dilakukan pada orang yang belum divaksin, sehingga pengujian di Inggris akan membantu memahami efektivitas obat tersebut pada populasi yang sudah divaksin. Pemerintah Inggris pada Oktober mengatakan telah mengamankan 480 ribu paket obat anti COVID-19 Merck dan 25.000 paket obat serupa yang dikembangkan Pfizer Inc.

"Obat baru buatan Pfizer itu mungkin belum akan diizinkan hingga sekitar pergantian tahun," kata Hopkins. "Kemungkinan masih beberapa bulan lagi.

 

photo
infografis Molnupiravir jadi obat covid 19 - (republika)

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement