Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Usai Pecat Koeman, Barcelona Kehilangan 12 Juta Euro

Jumat 29 Oct 2021 17:05 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Barcelona pecat Ronald Koeman sebagai pelatih.

Barcelona pecat Ronald Koeman sebagai pelatih.

Foto: AP/Manu Fernandez
Barca harus mengganti dana pribadi yang telah dikeluarkan Ronald Koeman.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Habis sudah kesabaran Dewan Direksi Barcelona terhadap Ronald Koeman. Dewan Direksi Barcelona, yang dipimpin Joan Laporta, akhirnya memecat pelatih asal Belanda tersebut menyusul kekalahan, 0-1, Blaugrana dari Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga Spanyol, Kamis (28/10) dini hari WIB.

Pemecatan pelatih asal Belanda itu hanya berselang beberapa jam pasca-laga yang digelar di kandang Vallecano, Stadion Vallecas. Itu menjadi kekalahan kedua yang dialami Barcelona secara beruntun.

Baca Juga

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, Blaugrana menyerah, 1-2, dari seteru sengitnya, Real Madrid, dalam edisi perdana El Classico musim ini. Kekalahan itu memperpanjang catatan minor Blaugrana dengan menelan empat kekalahan dari enam laga terakhir di semua ajang.

Kegagalan memetik poin penuh di laga itu juga membuat klub asal Katalan terpuruk di peringkat kesembilan klasemen sementara lantaran hanya mampu mengemas 15 poin dari 10 laga. Kendati begitu, ada harga yang harus dibayar oleh Barcelona dalam keputusannya mengakhiri kerja sama dengan Koeman.

La Blaugrana harus membayar sejumlah uang kepada pelatih asal Belanda tersebut. Total, Barca harus merogoh kocek sekitar 12 juta euro kepada Koeman.

Namun, kewajiban pembayaran ini bukanlah kompensasi pemutusan kontrak Koeman, yang baru berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang. Koeman menggunakan dana pribadinya untuk menebus nilai pelepasan dalam kontraknya bersama timnas Belanda, yang mencapai 10 juta euro, sebelum resmi menukangi Barcelona pada Agustus 2020.

Pada saat itu, Koeman tertarik dengan tawaran untuk menggantikan Quique Setien sebagai pelatih Barcelona. Demi memuluskan kepindahan ke Barcelona, Koeman ikut menyiapkan dana untuk menebus nilai pelepasannya dari timnas Belanda.

''Berdasarkan kesepakatan, pelatih berusia 58 tahun itu akan menerima kembali uang yang telah dikeluarkannya tersebut apabila kontraknya diputus di tengah jalan,'' tulis laporan Sport seperti dikutip Sports Mole, Jumat (29/10).

Selain harus mengganti dana pribadi yang telah dikeluarkan Koeman, Barcelona juga mesti membayar sisa gaji eks pelatih Valencia tersebut. Total, Blaugrana harus mengeluarkan kocek sedalam 12 juta euro sebagai dampak dari langkahnya memecat Koeman. Risiko yang sepertinya rela diambil Dewan Direksi Barcelona ketimbang terus melihat Blaugrana terpuruk di bawah kendali Koeman.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA