Rabu 27 Oct 2021 10:22 WIB

Kementan Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Mentan menilai apresiasi ini sebagai pertanda positif.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Kementan mempeoleh penghargaan tertinggi keterbukaan informasi publik.
Foto: Republika/bowo pribadi
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Kementan mempeoleh penghargaan tertinggi keterbukaan informasi publik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik pada tahun 2021 sebagai badan publik terbaik kategori Kementerian dengan klasifikasi informatif.

Kementan dengan nilai 99,29 menjadi kementerian dengan nilai tertinggi disusul Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan nilai 99,21. Kemudian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan nilai 97,76 dan Kementerian Dalam Negeri dengan nilai 97,68. Lalu, Kementerian Ketenagakerjaan dengan nilai  97,48 dan Kementerian Keuangan dengan nilai 97,45.

Baca Juga

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, penghargaan ini tidak terlepas dari peran serta semua unit kerja, terutama Biro Humas dan Informasi Publik dalam mengelola kegiatan kehumasan dan informasi, yang bisa dipahami oleh semua pihak.

"Saya kira apa yang diraih oleh Kehumasan Kementan, khususnya Biro Humas dan informasi Publik beserta jajaran PPID dan Humas yang ada di unit kerja Kementerian Pertanian adalah tanda-tanda positif," kata Syahrul melalui siaran pers Kementan, Selasa (26/10).

Menurutny, tanda-tanda satu organisasi yang modern, yaitu makin transparan dan makin terbuka. Ia mengatakan, informasi selalu menjadi mulut, telinga dan mata dari rakyat kepada penyelenggara negara.

Bahkan Anugerah tertinggi dari KIP (Komisi Informasi Pusat) selama dua tahun berturut-turut ini menjadi parameter bagi Kementan bekerja tetap dalam jalur benar. Syahrul meminta pada jajarannya agar menjaga keterbukaan serta segala deviasi dan kekurangan bisa segera Kementan koreksi.

Syahrul mengapresiasi capaian ini. Ia berharap akan menyusul prestasi-prestasi sektor pertanian lain.

"Prestasi yang kita harap tidak boleh lolos dari Kementan. Kita mau Kementan mengabdi bangsa dan rakyat yang paling unggul di republik ini," ujar Syahrul.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement