Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Waspadai Modus dan Gelagat Calo CPNS

Sabtu 16 Oct 2021 12:37 WIB

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari

Peserta mengikuti tes seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS).

Peserta mengikuti tes seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS).

Foto: Antara/Raisan Al Farisi
KemenPAN-RB ingatkan kelulusan CPNS gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calo kerap berkeliaran saat masa perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seperti sekarang. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pun mengungkap modus penipuan dan gelagat para calo yang menjanjikan kelulusan dengan meminta imbalan itu.

Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB, Sri Rejeki Nawangsasih, mengatakan, setidaknya ada tiga gelagat calo yang harus dikenali dan diwaspadai masyarakat. Pertama, biasanya para calo berusaha mendekati peserta CPNS dengan cara selalu berada di sekitar targetnya.

"Di tahap ini mereka sedang melakukan pendekatan,” ungkap Sri usai pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kementerian PANRB di Gedung Nanggala Kopassus, Jakarta, Jumat (15/10).

Kedua, para calo tersebut akan memberikan nomor ponsel dan menginformasikan bahwa mereka bisa membantu untuk meluluskan peserta menjadi CPNS. Untuk lebih meyakinkan, kata Sri, calo tersebut mengaku punya kedekatan dengan pejabat instansi terkait, terutama dengan pejabat di Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pelaksana teknis seleksi.

Ketiga, para calo tersebut biasanya berkeliaran di sekitar kantor instansi yang mengatur perekrutan PNS. "Mereka bisa saja menyerupai pegawai Kementerian PANRB, baik dari segi pakaian seperti batik atau bahkan mengikuti seragam kami. Ini yang harus benar-benar diwaspadai oleh masyarakat dan para generasi muda yang ingin jadi PNS," kata Sri sebagaimana dikutip dalam siaran persnya.

Sri mengingatkan, jika bertemu dengan calo, peserta ataupun masyarakat harus bersikap bijak. Caranya dengan mengecek atau mengkonfirmasi tawaran si calo itu ke instansi yang ditawarkan. Sebab, pada dasarnya seleksi CPNS tak dipungut biaya.

"Jika ada yang meminta imbalan untuk jadi PNS. Masyarakat patut curiga," ujarnya.


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA