Basket Putri Jawa Timur Amankan Emas PON Papua

Tim basket putri Jawa Timur merayakan keberhasilan meraih medali emas basket 5x5 putri PON XX Papua setelah mengalahkan Bali 56-37 di final yang berlangsung di Mimika Sport Complex. Sabtu (9/10)
Tim basket putri Jawa Timur merayakan keberhasilan meraih medali emas basket 5x5 putri PON XX Papua setelah mengalahkan Bali 56-37 di final yang berlangsung di Mimika Sport Complex. Sabtu (9/10)
Foto: PB PON XX PAPUA/Faisal Adrian

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA -- Tim bola basket putri Jawa Timur merengkuh medali emas PON XX Papua setelah menundukkan Bali pada laga final dengan skor 56-37 di Mimika Sport Complex, Mimika, Sabtu (9/10). Prestasi itu memperbaiki pencapaian Jawa Timur pada PON 2016 di mana mereka merebut medali perunggu. 

Sementara bagi Bali, medali perak PON Papua itu menjadi yang pertama sepanjang keikutsertaan mereka di PON.

Baca Juga

Sampai pertengahan kuarter pertama, Bali sejatinya tampil baik dengan unggul 10-4. Namun, Jawa Timur terus mengejar hingga akhirnya tembakan dua angka Faizzatus Shoimah membawa timnya melewati Bali, 16-15.

Pada kuarter kedua, Jawa Timur pelan-pelan meninggalkan Bali. Sempat memimpin tujuh angka, 26-19, Jawa Timur yang masih terlalu kuat untuk lawannya itu menuntaskan kuarter tersebut dengan skor 35-25.

Usai jeda, Jawa Timur terus memamerkan ketangguhan timnya. Mereka menjauhkan jarak skor menjadi 50-29, dan menutup kuarter tersebut dengan skor 50-30. Pada kuarter pemungkas, Bali bahkan tidak mampu menipiskan kedudukan satu digit. Jawa Timur pun mengunci kemenangan 56-37 dan berhak atas medali emas PON Papua.

Faizzatus Shoimah menjadi pemain dengan catatan terbaik di Jawa Timur setelah mencetak 18 poin, tiga rebound, dan lima assist. Sementara di kubu Bali, Made Dita Sandra Dewi membuat statistik paling bagus dengan 11 poin, lima rebound, dan tiga assist.

Sebelumnya di bagian putra, Jatim meraih medali perunggu. Setelah kalah di final dari DKI Jakarta, Jatim mengalahkan Jawa Tengah 63-55 dalam perebutan perunggu.

Komentar

Terkait


Pertandingan final sepak takraw putri PON XX Papua antara DKI Jakarta melawan Sulawesi Selatan di GOR Trikora Universitas Cenderawasih, Jayapura, Sabtu (9/10).

Kalahkan DKI Jakarta, Sepak Takraw Sulsel Raih Emas

Tim Basket Putri DKI Jakarta berhasil meraih medali perunggu setelah mengalahkan Sulawesi Selatan dengan skor 69-53 pada game yang berlangsung di Mimika Sport Complex. Sabtu (09/10)

Tim Putri DKI Persembahkan Perunggu Basket untuk Rekan Covid

BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional kali ini memberikan pembekalan kepada 108 relawan di Kabupaten Merauke jelang PON XX Papua. Peningkatan kapasitas relawan ini untuk mendukung penguatan protokol kesehatan (prokes) selama pesta olahraga di tengah pandemi Covid-19.

Merauke Siapkan Langkah Cegah Covid-19 Menyebar di PON

Subsatgas Prokes PON Kabupaten Mimika memberikan masker kepada siswi SMA YPPK Tiga Raja sebelum kegiatan pembelajaran tatap muka dimulai, Jumat (8/10)

Satgas Sasar Pusat Aktivitas dan Sekolah di Mimika

Atlet panjat tebing Jawa Timur Fitria Hartani beraksi pada final panjat tebing combined perorangan putri PON Papua di Arena Panjat Tebing SP 2, Kabupaten Mimika, Papua, Jumat (8/10/2021).

Pelatih Jatim Ingin Ada Seleknas Meski Juarai Panjat Tebing

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image