Jumat 08 Oct 2021 11:12 WIB

Tren Teknologi di Masa Pandemi

UBSI mempunyai Mybest platform khusus untuk dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan

UBSI mempunyai Mybest platform khusus untuk dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
UBSI mempunyai Mybest platform khusus untuk dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Sudah hampir dua tahun lamanya virus Covid-19 melanda Indonesia, mengubah lanskap perkembangan teknologi saat ini. Perubahan tersebut dirasakan dari aktivitas yang biasa dilakukan secara offline. Namun, kebijakan saat ini, menuntut masyarakat untuk dapat memaksimalkan aktivitas pertemuan-pertemuan di depan layar laptop ataupun smartphone secara daring.

Tentunya, hal ini memberikan dampak besar bagi tren dunia teknologi karena begitu banyaknya perubahan sehingga menuntut pengguna untuk dapat lebih adaptif mengikuti perkembangan zaman, khususnya di dunia digital.

Baca Juga

Eri Bayu Pratama, sebagai kepala kampus Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Pontianak menuturkan bahwa, kegiatan bekerja dan belajar secara formal merupakan aktivitas yang pada umunya dilakukan secara offline (tatap muka). Bekerja di kantor, bertemu dengan rekan kerja dan belajar di sekolah, bertemu teman disekolah dan guru.

“Akan tetapi hal ini mengubah cara tersebut semenjak mewabahnya virus Covid-19  di Indonesia. Semua aktivitas pertemuan semuanya dilakukan dari rumah, bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Semua kegiatan dilakukan menggunakan platform digital yang tersedia seperti zoom, google meet, webex, google duo, skype dan masih banyak lagi,” ujarnya Rabu (6/10) lalu.

Lanjut Eri, hal ini menjadi perhatian serius dalam peralihan kebiasaan masyarakat yang harus menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi, dengan membiasakan melakukan pertemuan ataupun belajar menggunakan metode daring (dalam jaringan). Inilah yang menjadi tantangan bagi sekolah, perguruan tinggi, dan instansi perusahaan untuk bisa mengakomodir pelaksanaan kegiatan harian tersebut, baik bekerja ataupun belajar agar tetap optimal.

“Universitas BSI melakukan upaya ini sudah hampir dua tahun sejak awal pandemi covid mewabah di Indonesia, ini merupakan tantangan bagi dosen dan mahasiswa agar pelaksanaan perkuliahan bisa optimal. Dengan memanfaatkan platform yang dibuat sendiri oleh Universitas BSI, memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan tersebut. Mybest, merupakan platform khusus untuk dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan di Universitas BSI,” jelas Eri.

Ia menambahkan bahwa MyBEST juga memberikan fitur untuk presensi, ruang tugas, ruang diskusi dan ruang materi bagi penggunanya. Baik bagi mahasiswa, nilai-nilai tugas yang diberikan dosen juga dapat dilihat pada platform tersebut.

“Dengan tren perkembangan teknologi dari awal masa pandemi hingga saat ini, semoga masyarakat lebih sudah mulai terbiasa dan adaptif dengan perkembangan-perkembangan teknologi nantinya, dan semoga dengan upaya pemerintah serta didukung masyarakat dalam upaya melakukan vaksinasi, penularan virus Covid-19 ini dapat segera berakhir,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement