Jumat 01 Oct 2021 14:32 WIB

3,5 Juta Warga Tangerang Raya Sudah Divaksinasi Covid-19

Pemkab Tangerang menargetkan vaksinasi Covid-19 mencapai 100 persen pada akhir 2021.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
RS Medika BSD merupakan salah satu Rumah Sakit swasta di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang turut mendukung program pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum.
Foto: RS Medika BSD
RS Medika BSD merupakan salah satu Rumah Sakit swasta di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang turut mendukung program pemerintah dalam pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Sekitar 3,5 juta warga se-Tangerang Raya meliputi Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Capaian vaksinasi di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang sudah menyentuh angka hingga lebih dari 1 juta jiwa, sedangkan Kota Tangsel di angka 700 ribuan jiwa.

Pemerintah Kabupaten Tangerang mencatat, hingga 30 September 2021 keseluruhan masyarakat yang melakukan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang mencapai 1,6 juta jiwa. Angka tersebut menunjukkan realisasi vaksinasi di Kabupaten Tangerang mencapai 64 persen dari target sebanyak 2,5 juta jiwa.

Baca Juga

“Untuk total warga yang ber-KTP Kabupaten Tangerang itu sudah mencapai 54 persen, yang berarti sudah ada 1,3 juta. Kalau keseluruhan masyarakat yang ada di Kabupaten Tangerang itu sudah mencapai 1,6 juta masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi,” kata Plt Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis dalam keterangannya, Jumat.

Muchlis mengatakan, Pemkab Tangerang menargetkan vaksinasi Covid-19 dapat mencapai hingga 100 persen pada akhir 2021. “Kami optimis target 2,5 juta vaksinasi kepada masyarakat akan tercapai hingga akhir tahun,” kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang mencatat jumlah warga Kota Tangerang yang sudah divaksinasi Covid-19 dosis satu mencapai 1,2 juta jiwa. Angka tersebut menunjukkan realisasinya menyentuh angka lebih dari 81 persen dari target sekitar 1,5 juta jiwa. Adapun capaian dosis dua sekitar 680 ribu atau 46 persen dari target yang sama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengatakan, Pemerintah Kota Tangerang terus menggencarkan kegiatan vaksinasi bagi warga Kota Tangerang di berbagai sentra vaksinasi massal serta titik-titik vaksinasi di tingkat RW se-Kota Tangerang melalui program 'Bulan Vaksinasi'. Selain itu, pihaknya juga tengah menggencarkan pelaksanaan vaksinasi dengan sistem jemput bola atau door to door yang sudah digelar sekitar dua pekan yang lalu.

“Vaksinasi door to door juga ditujukan untuk menjangkau mereka yang tinggal di pemukiman padat penduduk, dan jauh dari informasi. Pastinya, melalui sistem door to door ini, Pemkot Tangerang ingin memberikan hak warga negara atau hak masyarakat untuk mendapat vaksin secara mudah dan cepat,” jelasnya.

Dini memastikan cara tersebut akan terus dilakukan hingga capaian vaksinasi di Kota Tangerang bisa rampung hingga 100 persen. Dengan demikian, target untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut dapat tercapai. 

Selanjutnya, di Kota Tangsel, Dinas Kesehatan Kota Tangsel mencatat hingga 30 September 2021, capaian vaksinasi dosis satu mencapai hingga 756 ribu jiwa atau lebih dari 70 persen dari target sebanyak 1,07 juta jiwa.

Adapun cakupan vaksinasi dosis dua mencapai 470 ribu atau 43,8 persen dari target. Realisasi vaksinasi dosis tiga yang disuntikkan bagi kalangan tenaga kesehatan sebanyak 6.914 atau tercapai 77 persen dari target 8.901 jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement