Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Patung Wajah Muncul dari Sungai Gegerkan Warga di Spanyol

Rabu 29 Sep 2021 08:53 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih

Patung wajah menyembul dari sungai di Spanyol.

Patung wajah menyembul dari sungai di Spanyol.

Foto: REUTERS/Vincent West
Patung wajah muncul dari dalam sungai, kadang tampak terapung kadang tenggelam.

REPUBLIKA.CO.ID, BILBAO --- Patung wajah di Sungai Spanyol membuat geger warga Bilbao, Spanyol. Patung itu seolah menatap tanpa ekspresi dari air keruh Sungai Nervion Bilbao, Spanyol. Wajah menakutkan seorang gadis muda yang tenggelam dalam air pasang telah meresahkan orang-orang di kota Spanyol. Patung wajah tersebut muncul sejak minggu lalu.

Artis hiperrealis Meksiko Ruben Orozco menciptakan sosok misterius, berjudul 'Bihar'. Bihar diambil dari kata dalam bahasa Basque yang artinya besok. Patungan tersebut merupakan kampanye oleh Yayasan BBK atau badan amal dari pemberi pinjaman Spanyol Kutxabank.

Baca Juga

Tujuan peletakan wajah mengambang di air ini adalah agar orang-orang sadar bahwa tindakan mereka dapat menenggelamkan atau membuat patung ini tetap terapung. 

Saat pasang surut, sosok fiberglass seberat 120 kg  terendam dan terlihat setiap hari. Menurut BBK, kondisi itu adalah refleksi dari apa yang bisa terjadi jika manusia terus bertaruh pada gaya hidup yang tidak berkelanjutan seperti yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Warga Bilbao melihat pertama kali sosok tersebut pada pekan lalu setelah instalasi itu dibawa dengan perahu dan diturunkan ke sungai dekat pusat kota pada tengah malam. "Awalnya itu memberi saya perasaan stres, ketika lebih banyak wajah keluar dari air, tetapi sekarang dia menyampaikan kesedihan, banyak kesedihan," kata pengunjung Triana Gil.

"Dia bahkan tidak terlihat khawatir, seolah-olah dia membiarkan dirinya tenggelam," ujar pengunjung itu. 

Penonton lain, yang menyebut namanya sebagai Maria, awalnya mengira patung itu adalah peringatan atas peristiwa tragis di masa lalu. "Saya belajar hari ini bukan tentang itu, tapi saya pikir orang masing-masing dapat memberikan maknanya sendiri," katanya.

'Bihar' bukanlah karya Orozco pertama yang mengejutkan dan menggerakkan Bilbao. Dua tahun lalu patung seukuran perempuan yang duduk sendirian di bangku taman. Karya benama Invisible Soledad' ini memicu perdebatan tentang kehidupan orang tua yang terisolasi. 

sumber : reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA