Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Fahri Hamzah: Kinerja Kejagung Paling Baik

Senin 27 Sep 2021 17:17 WIB

Red: Agung Sasongko

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 Fahri Hamzah.

Wakil Ketua DPR periode 2014-2019 Fahri Hamzah.

Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Fahri Hamzah menyoroti kinerja aparat penegak hukum Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARAT -- Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menyoroti kinerja aparat penegak hukum Indonesia. Menurut dia, yang paling menonjol adalah Kejaksaan Agung (Kejagung).

Fahri berprinsip, tolok ukur kinerja penegak hukum dengan seberapa besar lembaga tersebut bisa mengembalikan uang rakyat yang dicuri. Bahkan, dia menyindir penegak hukum jangan banyak bergaya saja.

Baca Juga

Hal itu diungkap Fahri dalam akun Twitter-nya, dikutip Senin (27/9). Dalam unggahan tersebut, Fahri menyertakan tabel bahwa Kejagung berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp26,1 triliun, Polri Rp388 miliar, dan KPK sebesar Rp331 miliar.

Saat dikonfirmasi, Fahri mendorong agar pemberantasan korupsi dikaitkan langsung dengan jumlah pengembalian kerugian negara dan uang rakyat. Sebab, kata dia, apabila pemberantasan korupsi diberi makna lain kampanye dan lain-lainnya itu tidak ada manfaatnya.

“Bagi rakyat kita, memerlukan tindakan penegakan hukum yang punya efek pengembalian kerugian keuangan negara dan sekarang KPK juga sudah mulai berorientasi pada pengembalian kerugian negara atau yang disebut sebagai pemulihan aset,” jelas Fahri dalam keterangan persnya.

Fahri menambahkan, Kejagung punya kinerja paling efektif dalam pemberantasan korupsi. “Jika didefinisikan secara langsung maka lembaga yang paling banyak pengembalian negaranya saya anggap sebagai lembaga yang berfungsi performanya paling baik,” katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA