Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Ayat Kursi Disunnahkan Dibaca Usai Sholat 5 Waktu, Mengapa?

Senin 27 Sep 2021 05:40 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ayat kursi mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya. Ilustrasi sholat

Ayat kursi mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya. Ilustrasi sholat

Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ayat kursi mempunyai banyak keutamaan bagi pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO— Ayat kursi diketahui secara luas oleh umat Islam memiliki berbagai keutamaan, terutama terkait mengusir gangguan setan. 

Namun ternyata manfaat tersebut adalah salah satu keutamaannya saja dari ayat yang ada di surat Al Baqarah ini. 

Baca Juga

Dilansir dari Elbalad, Akademi Riset Islam mengatakan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk melakukan semua yang baik. Terlebih membaca ayat kursi setelah sholat dikatakan Nabi akan diganjar dengan surga. Nabi SAW bersabda:

من قرأ آية الكرسي فى دبر كل صلاة مكتوبة لم يمنعه من دخول الجنة إلا أن يموت  "Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah sholat wajib, maka tidak ada satupun hal yang menghalanginya (mengerjakan amalan) masuk neraka, hingga dia meninggal.”    

Ayat kursi merupakan ayat yang ada di surat Al Baqarah ayat 255, dengan bacaan sebagai berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ 

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar." (QS Al Baqarah 255). 

Seorang pendakwah Arab Saudi, Syekh Abdullah Basfar menjelaskan, salah satu dzikir penting setelah sholat adalah membaca ayat Kursi. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah yang menyebut ganjaran surga bagi orang yang membaca ayat ini setelah sholat.

Baca juga : Berbohong Pernah Mimpi Bertemu Rasulullah SAW, Apa Hukumnya?

Pendapat yang sama juga dijelaskan anggota Lembaga Fatwa Mesir Dar  Al Ifta Mesir, Syekh Owaida Othman. Menurutnya, membaca ayat ini memang memiliki manfaat yang besar. 

"Membaca ayat Kursi setelah sholat wajib atau sunnah memiliki manfaat yang besar, dan kami membacanya segera setelah sholat." 

Menurutnya, membaca dzikir ini setelah sholat adalah hal yang diinginkan dan merupakan sunnah dari Rasulullah SAW. Meski begitu, siapa pun yang meninggalkannya, sholatnya tetap sah tetapi kehilangan salah satu keutamaannya.    

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA