Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Tuchel: Tak Butuh Keajaiban untuk Bisa Kalahkan City

Sabtu 25 Sep 2021 16:53 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel.

Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel.

Foto: AP/Peter Morrison
Chelsea menjamu Manchester City di Stamford Bridge, Sabtu (25/9).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Chelsea Thomas Tuchel mengakui, lawatan Manchester City ke Stadion Stamford Bridge pada pekan keenam Liga Primer Inggris, Sabtu (25/9) petang WIB, akan menjadi laga yang berat. Namun, the Blues sudah memiliki modal, kemampuan, dan pengalaman untuk bisa mengalahkan juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut. Sejak resmi ditangani oleh Thomas Tuchel pada pertengahan musim lalu, Chelsea menjelma menjadi batu sandungan terbesar the Citizens. 

"Kami mungkin tidak membutuhkan keajaiban untuk bisa bersaing dan mengalahkan mereka, tapi kami membutuhkan permainan terbaik kami," kata Tuchel seperti dikutip laman resmi klub, Sabtu.

Baca Juga

Total, dalam tiga pertemuan terakhir di semua ajang, the Blues selalu mampu mengalahkan tim besutan Pep Guardiola tersebut. Mulai dari keberhasilan menyingkirkan City di babak semifinal Piala FA, kemenangan di paruh kedua Liga Primer Inggris, hingga puncaknya saat Chelsea merengkuh titel Liga Champions usai membungkam City di partai final. 

Kendati begitu, Tuchel tidak mau terpaku pada hasil di tiga pertemuan terakhir tersebut. Begitu pula dengan kemungkinan melebarkan jarak poin dengan City di papan klasemen sementara apabila sukses memetik tiga poin. Berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 13 poin dari lima partai, Chelsea berpotensi mengantongi keunggulan enam poin atas City jika berhasil meraih kemenangan di Stamford Bridge.  Pelatih asal Jerman itu lebih memilih menekankan soal mental bertanding yang mesti disiapkan anak-anak asuhnya dalam menjamu the Citizens pada laga tersebut. 

"Hal-hal kecil, seperti kecepatan dan ketepatan dalam pengambilan keputusan di atas lapangan, akan begitu menentukan di laga tersebut. Di titik ini, akan sangat penting buat kami untuk bisa tampil dengan kepercayaan diri tinggi di laga tersebut," tutur Tuchel. Secara khusus, eks pelatih PSG itu menyebut, laga itu tidak akan berjalan mudah buat anak-anak asuhnya. 

Chelsea harus memanfaatkan momentum dan peluang sekecil apa pun dalam mencetak gol. Selain itu, mereka juga harus mewaspadai kemampuan City untuk bisa mencetak gol dengan celah kecil di pertahanan tim tamu. 

Karena itu, Tuchel berharap, anak-anak asuhnya bisa menampilkan permainan terbaiknya di laga ini. "Jika Anda bisa menemukan momentum untuk keluar dari tekanan, maka Anda harus bisa memanfaatkan hal itu. Namun, di satu sisi, kami juga harus waspada. Celah sekecil apa pun bisa dimanfaatkan oleh City,'' kata eks pelatih Borussia Dortmund tersebut. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA