Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

WIKA Tambah Modal Anak Usaha Rp 402,03 Miliar 

Ahad 19 Sep 2021 16:50 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

PT Wijaya Karya. WIKA menyuntikan modal tambahan kepada anak usahanya.

PT Wijaya Karya. WIKA menyuntikan modal tambahan kepada anak usahanya.

Foto: PT Wijaya Karya
Penambahan modal ini membuat porsi saham WIKA di WTJJ jadi 80 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) akan menyuntikkan modal kepada anak usahanya, PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur (WTJJ), sebesar Rp 402,03 miliar. Penambahan modal tersebut merupakan pemenuhan kewajiban belanja modal (capital expenditure/capex) perseroan. 

"Biaya investasi pada WTJJ ini bersumber dari dana PMN sebesar Rp 402 miliar dan kas sebesar Rp 30 juta," tulis manajemen perseroan dikutip melalui Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Ahad (19/9).

Penambahan setoran modal ini pun membuat persentase kepemilikan saham WIKA di WTJJ mengalami perubahan menjadi 80 persen. Sebelumnya, WIKA hanya menggenggam sebesar 30 persen saham WTJJ. 

Dengan demikian, WIKA akan menjadi pemegang saham pengendali WTJJ. Sedangkan pemegang saham WTJJ lainnya yaitu PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk (JAKON) akan terdilusi dari 60 persen menjadi 17,44. Sementara PT Tirta Gemah Ripah (TGR) akan terdilusi dari 10 persen menjadi 2,56 persen.

WIKA akan melakukan setoran modal kepada WTJJ sebesar Rp 31,4 juta yang akan diambil dari konversi uang muka setoran modal tersebut. Sisa uang muka sebesar Rp 370,63 miliar akan disetor berdasarkan permintaan WTJJ melalui konversi.

Rencana transaksi ini akan dapat mengembangkan usaha WIKA dibidang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) melalui WTJJ. Rencana transaksi ini juga dapat meningkatkan kinerja keuangan WIKA yang pada akhirnya dapat menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham, sekaligus dapat memberikan dividen.

 

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA