Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Olahraga Pagi yang Bisa Dilakukan Meski Tubuh Lelah

Rabu 15 Sep 2021 09:38 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Tak sedikit orang terkadang merasa lelah saat pagi hari tetapi tetap ingin olahraga.

Tak sedikit orang terkadang merasa lelah saat pagi hari tetapi tetap ingin olahraga.

Foto: Pixabay
Tak sedikit orang terkadang merasa lelah saat pagi hari tetapi tetap ingin olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit orang terkadang merasa lelah saat pagi hari. Mereka yang suka bangun pagi, tetapi merasa lelah, mungkin karena kurang tidur. Kondisi itu tentu membuat olahraga pagi terasa menguras energi.

Pelatih pribadi dan spesialis rehabilitasi cedera di Los Angeles, Liz Letchford, menyarankan orang untuk mendengarkan tubuhnya ketika ingin olahraga. Letchford menyebut olahraga pagi tidak baik dilakukan apabila tubuh merasa lelah.

“Kelelahan, baik fisik maupun mental bisa berisiko cedera,” katanya, dilansir Huffpost, Rabu (15/9).

Meski tubuh lelah, ada beberapa jenis olahraga yang tetap bisa dilakukan. Letchford menyarankan untuk melakukan peregangan ringan sehingga memungkinkan pikiran dan tubuh kembali segar.

"Sebelum melakukan gerakan yang intens, terutama jika melibatkan angkat berat, saya selalu merekomendasikan pemanasan yang membahas hubungan otak dan tubuh," ujar Letchford.

Letchford mengatakan, cara favoritnya untuk melatih sistem saraf untuk latihan yang intens adalah dengan bergerak cepat, yaitu kaki cepat atau lompatan cepat. Keduanya meningkatkan waktu reaksi. "Setelah tidur malam yang panjang, yang terbaik adalah memulai dengan perlahan dan mulai bergerak," kata dia.

Baca Juga

Baca juga : 4 Hadiah Terbaik Persembahan Orang Hidup untuk Almarhum

Yoga juga menjadi favorit karena banyak alasan, misalnya memiliki dampak cedera rendah, dapat disesuaikan dengan tingkat yang berbeda, membantu fokus pada napas, dan membantu bangun. Letchford adalah penggemar yoga untuk dirinya sendiri dan kliennya.

“Yoga telah menjadi keseimbangan yang hebat dalam pemrograman saya karena telah mengisi latihan berdampak rendah mingguan yang hebat, untuk memungkinkan saya menghubungkan kesehatan mental dan fisik saya dalam satu aliran,” katanya.

Tak hanya itu, latihan kardio pada pagi hari juga membantu menghilangkan stres yang mungkin dialami saat bangun tidur. Berjalan, jogging, bersepeda (baik diam atau di jalan), dan berenang adalah pilihan yang bagus.

Sementara, Pemilik Fix It Physical Therapy di Minnesota, Kelly Roberts Lane, mengatakan, peregangan tangan di atas kepala juga bisa membantu tubuh lebih rileks.

“Ulurkan lengan ke atas kepala, dan lihat ke atas. Kemudian, gulingkan ke bawah sampai Anda menyentuh jari-jari kaki atau sedekat mungkin dengannya,” kata Lane.

Kemudian, biarkan kepala menggantung. Luruskan satu lutut, kemudian lutut lainnya untuk mendapatkan peregangan hamstring yang lebih dalam. Setelah peregangan, Anda dapat melanjutkan ke pemanasan atau gerakan lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA