Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Hyundai Perkenalkan Robot Kargo di Indonesia

Senin 13 Sep 2021 12:33 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Hyundai bekerja sama dengan Boston Dynamics menghadirkan robot bernama Sport.

Hyundai bekerja sama dengan Boston Dynamics menghadirkan robot bernama Sport.

Foto: hyundai
Hyundai bekerja sama dengan Boston Dynamics menghadirkan robot bernama Sport.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Industri robotik adalah industri yang juga dilirik oleh pabrikan otomotif. Sebab, robot dinilai mampu jadi solusi mobilitas masa depan.

Salah satu pabrikan yang melakukan pengembangan robot adalah Hyundai. Pengembangan itu dilakukan lewat kerja sama dengan Boston Dynamics.

Kini, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi memperkenalkan robot tersebut di Indonesia. Robot yang diperkenalkan adalah robot berkaki empat yang diberi nama sport.

Berdasar keterangan pers kepada Republika.co.id pada Ahad (12/9), robot yang wujudnya menyerupai hewan berkaki empat ini merupakan robot yang mampu menopang beban barang bawaan atau kargo.

Karena, keempat kaki pada robot ini telah didesain dengan kokoh dan lincah. Oleh karena itu, Spot yang memiliki ukuran seperti seekor anjing ini mampu menopang beban hingga 13,6 kilogram.

Sebagai sebuah robot cerdas, Spot mampu berjalan dalam berbagai medan. Bahkan, robot ini juga mampu menaiki tangga.

Selain itu, robot ini juga dilengkapi dengan empat buah kamera pada bagian depan dan samping. Dengan bantuan kamera tersebut, maka robot ini tak akan menabrak saat berjalan.

Untuk pengendalianya, Spot dapat dikendalikan lewat sebuah joystick yang dilengkali dengan layar display. Dengan begitu, pengguna bisa mengendalikan robot ini hingga jarak sejauh 30 meter.

President Director of HMID, SungJong Ha mengatakan, Hyundai secara konsisten terus memperkuat posisinya sebagai game-changer melalui berbagai terobosan terdepan dalam rangka mencapai visi Progress for Humanity.

"Di Hyundai, kami tidak pernah berhenti, namun terus maju dan berusaha untuk mencapai solusi mobilitas ke tingkat selanjutnya. Kehadiran Spot di Indonesia akan menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi," kata SungJong Ha.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA