Rabu 08 Sep 2021 20:36 WIB

iPhone Baru akan Hadir tanpa Tombol?

iPhone 13 dijadwalkan untuk muncul pada 14 September.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- iPhone 13 dijadwalkan untuk muncul pada 14 September. Ada spekulasi yang mengatakan iPhone 13 baru ini mungkin saja tampil tanpa tombol.

Dilansir dari CNET, Rabu (8/9) sebuah aplikasi paten Amerika Serikat (AS) yang ditemukan oleh Apple Insider menunjukkan perusahaan sedang menyelidiki “perangkat input pengindraan kapasitif”. Rupanya perangkat input ini, alias tombol, akan menjadi “lubang backlit tak terlihat” yang muncul saat disentuh dan menghilang saat digunakan.

Baca Juga

Pertanyaan besarnya adalah apakah fitur seperti ini akan muncul pada perangkat iPhone terbaru atau apakah harus menunggu hingga 2022 atau lebih untuk melihat Apple mengintegrasikannya. Ini bukan konsep yang sepenuhnya liar dan cocok dengan kemungkinan perubahan lain yang mungkin dilakukan Apple pada iPhone masa depan.

Misalnya, ada pembicaraan tentang iPhone 13 yang mendapatkan kembali pemindai sidik jari. Alih-alih pembaca fisik, pemindai baru akan hidup di bawah permukaan layar ponsel. Ini adalah taktik yang tentunya cocok dengan estetika desain minimalis tanpa tombol yang harus dipilih Apple untuk menempuh rute ini.

Mark Gurman dari Bloomberg mengomentari rumor tentang pemindai sidik jari, yang disebut Touch ID, dalam August Power On Newsletter. Gurman berspekulasi bahwa sensor Touch ID di bawah layar tidak akan berhasil untuk iPhone 13. Dia mengatakan Apple akan menyematkan Face ID di bawah layar alih-alih Touch ID.

Apple telah mematikan jack headphone di iPhone 7 pada 2016 dan rumor menunjukkan port Lightning mungkin mendapatkan pengurangan juga. Jika iPhone 13 memperbaiki port Lightning-nya dan melakukan pengisian daya nirkabel secara menyeluruh, itu akan menjadi ponsel pertama Apple yang sepenuhnya tanpa port.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement