Senin 30 Aug 2021 12:38 WIB

iPhone 13 Bakal Miliki Fitur Komunikasi Satelit?

iPhone diharapkan memiliki mode komunikasi satelit orbit rendah (LEO).

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ponsel iPhone / Ilustrasi
Foto: Flickr
Ponsel iPhone / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis Ming Chi-Kuo memiliki beberapa prediksi tentang apa yang akan datang terkait iPhone 13 Apple. Kuo mengharapkan iPhone berikutnya menampilkan mode komunikasi satelit orbit rendah (LEO).

Fitur ini memungkinkan untuk menggunakan fitur dasar iPhone 13 dalam situasi di mana pengguna berada di luar jangkauan menara seluler. Kuo mengatakan mode LEO yang diprediksi akan dimungkinkan oleh penggunaan Qualcomm X60 yang disesuaikan oleh Apple, chip modem baseband yang mendukung komunikasi satelit.

Baca Juga

Secara spesifik fitur panggilan dan atau data mana yang akan didukung dalam mode LEO teoretis belum jelas. Selain itu, tidak diketahui apakah menggunakan fitur tersebut akan memerlukan biaya tambahan. Fitur komunikasi satelit mirip dengan cara menggunakan perangkat seluler dalam mode jelajah yang biasanya lebih mahal.

Dilansir dari Mashable, Senin (30/8), ini bukan pertama kalinya mendengar Apple yang berpotensi beralih ke luar angkasa untuk mendapatkan bantuan dengan memancarkan sinyal sel di seluruh dunia. Laporan akhir 2019 dari Bloomberg menunjukkan langkah seperti itu dapat terjadi dalam lima tahun ke depan.

Detailnya bahkan lebih kabur saat itu. Laporan Bloomberg mencatat bahwa Apple pada saat itu tidak yakin bagaimana mereka akan menggunakan satelit, atau milik siapa satelit itu.

Pengenalan mode LEO untuk iPhone 13 akan datang pada saat pesaing Apple di dunia teknologi semakin melejit ke ruang angkasa. SpaceX, perusahaan program Starlink telah menjalankan program beta sejak akhir 2020.

Amazon juga memiliki rencana untuk terjun langsung ke permainan komunikasi satelit, yang dijuluki Project Kuiper dan pertama kali terungkap pada 2019. 

 

Tak satupun dari ini yang memiliki pengaruh langsung pada rencana Apple, tetapi teknologi konsumen sering dipandu oleh tren. Lompatan Apple yang diprediksi untuk menambahkan dukungan perangkat komunikasi satelit segera terhubung dengan perubahan lebih luas yang  sejauh ini telah dipimpin oleh pemain lain yang memiliki kuasa di industri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement