Ahad 05 Sep 2021 16:45 WIB

Rilis Buku, Angelina Jolie Ingin Anak-Anak Paham Haknya

Jolie menulis buku tersebut bersama pengacara hak asasi manusia, Geraldine Van Bueren

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Angelina Jolie
Foto: AP
Angelina Jolie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Angelina Jolie menerbitkan buku baru berjudul Know Your Rights and Claim Them. Buku kolaborasi dengan Amnesty International itu bertujuan untuk memberi pemahaman kepada anak-anak di seluruh dunia, tentang apa saja hak-hak mereka dan bagaimana memperjuangkannya.

Jolie menulis buku tersebut bersama pengacara hak asasi manusia, Geraldine Van Bueren. Dia berharap, lewat buku tersebut dirinya bisa membantu memberdayakan anak-anak dengan menanamkan pemikiran kritis sejak dini.

Baca Juga

"Begitu banyak anak di dunia dalam bahaya, dan kita tidak melakukan banyak hal untuk menolong mereka. Buku ini didedikasikan untuk membuat anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat, seimbang, aman, dan stabil,” kata Jolie seperti dilansir dari Reuters, Kamis (2/9).

Jolie juga berharap buku Know Your Rights and Claim Them bisa menjadi alarm bagi pemimpin negara tentang urgensi dalam menjaga hak-hak sipil, sosial, politik dan ekonomi anak-anak.

"Buku ini membantu anak-anak untuk berani mempertanyakan apakah negara sudah memenuhi hak mereka atau belum, jika belum apa hambatannya dan apa solusinya. Jadi ini adalah buku pegangan anak-anak untuk melawan,” kata Jolie.

Buku Know Your Rights and Claim Them juga membahas identitas, keadilan, pendidikan dan perlindungan dari bahaya. Buku juga memberikan panduan untuk menjadi seorang aktivis, bagaimana agar tetap aman, dan dilengkapi daftar istilah serta organisasi.

Buku juga menambahkan sosok-sosok anak muda yang kritis dan inspiratif dari seluruh dunia. Misalnya pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Malala Yousafzai, aktivis iklim Greta Thunberg dan jurnalis Palestina berusia 15 tahun Janna Jihad.

Jolie mengatakan bahwa buku akan dipublikasikan secara global, dan bisa dipesan mulai sekarang. Ia ingin agar buku ini bisa menjangkau lebih banyak anak di dunia.

“Saya harap nantinya anak-anak akan saling support dan peduli, saling menyadarkan. Bukan tidak mungkin, mereka juga bisa menjadi bagian dari upaya untuk mengampanyekan ini kepada satu sama lain,” kata Jolie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement