Ahad 22 Aug 2021 12:54 WIB

Unggah Soal Afghanistan, Instagram Angelina Jolie 'Diserbu'

Akun Instagram Angelina Jolie mendapat 51 juta pengikut kurang dari 24 jam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Nora Azizah
Akun Instagram Angelina Jolie mendapat 51 juta pengikut kurang dari 24 jam.
Foto: EPA
Akun Instagram Angelina Jolie mendapat 51 juta pengikut kurang dari 24 jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Hollywood Angelina Jolie menyuarakan tentang perempuan Afghanistan dalam unggahan Instagramnya. Pada Jumat, dia mengunggah surat yang ditulis oleh seorang gadis Afghanistan yang takut akan kekuasaan Taliban.

Pemeran Lara Croft: Tomb Raider ini memperjuangkan hak kemanusiaan. Lebih dari 5,1 juta pengikut dalam waktu kurang dari 24 jam setelah dia bergabung dengan platform media sosial.

Baca Juga

Jolie mengklaim dalam unggahannya bahwa warga Afghanistan kehilangan kemampuan mereka untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri mereka secara bebas. Oleh karena itu, dia bergabung dengan Instagram untuk berbagi cerita dan suara mereka di seluruh dunia yang memperjuangkan hak asasi manusia mereka.

NBC News melaporkan warga Afghanistan menghapus foto dari ponsel dan akun media sosial mereka yang mungkin menghubungkan mereka dengan orang barat karena takut akan pembalasan Taliban.

“Sungguh memuakkan melihat warga Afghanistan terlantar lagi karena ketakutan dan ketidakpastian yang telah mencengkeram negara mereka,” tulis Jolie, dilansir Al Arabiya, Ahad (22/8).

Sementara itu, surat yang diunggah oleh Jolie menggambarkan ketakutan seorang gadis muda tentang Taliban yang kembali berkuasa dan mencegah perempuan untuk mendapatkan pendidikan serta menggunakan hak-hak mereka.

Baca juga : Mengenal Jaringan Haqani, Milisi Ditakuti di Tubuh Taliban

Dalam aturan 1996-2001 Taliban mencegah anak perempuan pergi ke sekolah dan perempuan meninggalkan rumah mereka tanpa mengenakan penutup kepala. Setelah mereka berkuasa lagi, Taliban berjanji untuk memberikan pendidikan bagi perempuan. Namun, para ahli dan aktivis tetap waspada terhadap apa yang akan terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement